Langsung ke konten utama

Bahaya Kelebihan Mineral Zinc: Epilepsi

Apa manfaat mineral Zinc untuk tubuh manusia? Zinc atau kita menyebutnya dengan seng, adalah mineral teramat penting yang memiliki fungsi utama untuk meningkatkan memori atau daya ingat manusia. Jadi kalau mau punya ingatan sebagus gajah, makanlah makanan yang mengandung mineral Zinc ini. Nah, yang harus diketahui, bahwa jika mineral Zinc ini terlalu banyak kita konsumsi, akibatnya bisa epilepsi.

Temuan ini dipublikasikan dalam Journal Neuron. Peneliti berkesimpulan, seng berperan penting dalam membentuk komunikasi antara neuron-neuron di bagian otak besar (hippocampus), yang merupakan pusat memori dan pembelajaran. Penelitian tersebut dipimpin oleh Dr James McNamara, dari Duke University Medical Center, North Carolina, AS.

Penelitian ini berdasarkan hasil uji coba pada tikus, dimana para ilmuwan menggunakan bahan kimia pengikat seng. Tanpa adanya mineral, komunikasi antara neuron pada otak tikus mengalami kerusakan. Meski begitu, McNamara mengakui masih sedikit temuan yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi zinc dengan peningkatan memori.

Zinc

Karena asupan Zinc yang terlalu banyak justru tidak baik, maka sebaiknya kita lebih berhati-hati ketika membeli suplemen mineral Zinc. Namanya saja suplemen, berarti cuman bersifat tambahan, dan bukan yang utama. Jika kebutuhan mineral Zinc ini sendiri sudah bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari, suplemen rasanya hanya akan buang uang dan malah menambah resiko.

Kapan anda bisa dianggap kekurangan mineral Zinc sampai butuh suplemen?

Tanda-tanda jika anda kekurangan Zinc kemungkinannya adalah salah satu, beberapa, atau semua dari gejala berikut: pertumbuhan yang lambat, kadar insulin yang rendah, kurang nafsu makan, mudah iritasi, kerontokan rambut, kulit kasar dan kering, luka lama sembuhnya, gangguan pada indra pengecap dan penciuman, diare, dan mual-mual.

Jika anda ingin mencukupi kebutuhan mineral Zinc ini dalam tubuh anda, lebih disarankan jika anda mengkonsumsi makanan yang memang dari sananya sudah mengandung Zinc. Bukan mengkonsumsi suplemen. Makanan yang mengandung mineral Zinc antara lain adalah biji-bijian, kacang-kacangan, beberapa makanan laut tertentu, padi-padian dan gandum, sereal dan produk susu. Namun, kandungan zinc paling banyak dapat  ditemukan pada tiram.

Dari jenis-jenis makanan sumber mineral Zinc di atas, kiranya kita di Indonesia tidak terlalu sulit memenuhi kebutuhan tubuh. Toh, makanan kita sehari-hari lebih banyak berupa biji-bijian dan kacang-kacangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Jus Untuk Penderita Darah Tinggi