Langsung ke konten utama

Pantangan Penyakit Darah Tinggi

Pantangan penyakit darah tinggi. Sebagai penyakit yang sangat umum diderita orang, darah tinggi atau tekanan darah tinggi sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Bagi yang belum atau tidak terkena penyakit ini, bersyukurlah dengan cara menjaga pola hidup sehat dan juga pola makan. Karena jika anda menderita penyakit darah tinggi ini, ada banyak sekali pantangannya. Belum lagi biaya ke dokter dan menebus obat untuk menurunkan tekanan darah anda.
Dari daftar pantangan penyakit darah tinggi di bawah ini, bisa dikatakan kalau semuanya makanan yang enak disantap. Atau paling tidak bahan untuk membuat makanan menjadi mempunyai rasa yang lezat memenuhi selera, semisal garam, sodium glutamate, margarin, susu, gula, saus, dan daging. Hmmmm, bisa dibayangkan anda tidak lagi bisa menikmati semua makanan itu? Hehe ….tekanan darah tinggi
Ok, inilah pantangan bagi penderita penyakit darah tinggi:
  • Mie instan, apapun mereknya, mengandung kandungan lemak dan sodium yang tinggi. Rasa yang sedap itu sangat tidak sepadan dengan resiko yang kita dapat. Sedapat mungkin hindari konsumsi mie instan, apalagi kalau sampai jadi makanan pokok.
  • Makanan dengan kadar sodium yang tinggi. Berhati-hatilah ketika membeli makanan. Kita tidak tahu pasti seberapa banyak penjualnya menambahkan penyedap makanan dalam makanan yang mereka jual. Saya pernah melihat, seorang penjual bakso menuangkan sebungkus penuh penyedap rasa 250 gram ke dalam dandang baksonya. Menyeramkan. Kalau anda memasak sendiri, juga sebaiknya gunakan bumbu asli dan segar saja. Teman saya yang seorang chef mengatakan kalau komposisi garam dan gula sudah pas, tidak perlu menambahkan penyedap rasa lagi. Kan? Bagaimana ibu-ibu?
  • Cemilan yang asin. Garam adalah musuh utama penderita hipertensi alias darah tinggi.
  • Margarin. Waduh, tidak lagi bisa makan roti bakar dengan margarin nih. Pakai yang lain saja wis. 
  • Alkohol. Jelas kan?
  • Donat. Cukup sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak.
  • Susu. Walaupun susu adalah sumber gizi yang baik, tapi lemak jenuh yang terkandung di dalamnya cukup tinggi dan itu tidak baik untuk penderita hipertensi.
  • Gula. Kandungan kalori dan gula yng tinggi dapat menyebabkan obesitas, dari kelebihan berat badan bisa berakibat pada tersumbatnya aliran darah di jantung sehingga memperlambat kerja darah, tentu hal itu rentan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.
  • Saus. Pada umumnya saus mengandung sodium dalam jumlah yang tinggi.
  • Kentang goreng. Kandungan lemak dan sodium pada kentang goreng tentu tidak baik untuk penderita darah tinggi.
  • Daging merah dan daging asap. Secara sederhana, daging mengandung lemak, jadi sebaiknya dikurangi saja. Atau lebih baik lagi kalau jadi vegetarian. Tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak. Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.
  • Acar. Makanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum konsumsi sodium perhari (2300 mg)
Bener kan? Pantangan penderita penyakit darah tinggi itu rata-rata adalah makanan yang enak dan nikmat. Hmm….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan