Langsung ke konten utama

Khasiat buah nanas yang mengejutkan


Kita semua tahu jika kita makan buah segar maka tubuh kita akan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Nanas tentu tidak jauh berbeda dengan buah yang lainnya. Nanas mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Di dalam bagian tengah buah nanas ditemukan enzim yang dapat membantu mencerna makanan dengan memisahkan protein didalamnya, enzim tersebut adalah bromelain. Membuat sistem pencernaan kita menjadi sehat, karena proses detox terjadi secara alami dan selain itu enzim bromelain juga mempunyai sifat anti inflamasi dan anti penggumpalan. Nanas mengandung kalori, sodium, lemak jenuh dan kolesterol yang rendah tetapi kaya akan serat, jadi nanas adalah buah yang cocok untuk diet. Wah nih referensi baru bagi yang ingin diet, so teman silahkan konsumsi nanas ya untuk diet..

Nanas merupakan sumber vitamin C yang tepat dan juga merupakan antioksidan yang penting untuk sistem kolagen sintesis. Vitamin C juga membantu menjaga integritas aliran darah dalam tubuh, kulit, organ dan tulang. Serta meningkatkan anti oksidan sehingga meningkatkan sistem imun tubuh kita, sehingga kamu mampu melawan flu/dingin. Nanas juga kaya akan kandungan zat mangaan. Mineral mangaan merupakan zat penting untuk memproduksi energi, serta menjaga sel dari radikal bebas. Hal ini membantu tubuh menggunakan nutrisi penting termasuk thiamine dan biotin, menjaga tulangmu tetap sehat dan membantu mensintesis makanan berlemak. Nanas juga kaya akan akan sumber vitamin A dan Beta - Caroten, yang membantu sistem imun, pandangan mata dan membantu masalah akibat dari radikal bebas; vitamin B1 dan B6 yang bagus untuk produksi energi dan menguraikan gula dan kanji di sistem pencernaan; memecah, yang membantu sintesis sel darah merah; dan potassium, yang membantu dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

Keluarga bromelia yang berasal dari tanaman sangat jarang yang dapat memproduksi buah yang bisa dimakan. Nanas adalah satu - satunya bromelia yang bisa dimakan saat ini. Satu buah nanas terbuat dari banyak bunga yang tumbuh dan bergabung menjadi satu yang akhirnya membentuk buah emas yang disebut nanas. 

Bromelain, enzim proteolytic yang ada di dalam nanas, sering kali digunakan sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan kesehatan dan menyelesaikan bermacam – macam masalah kesehatan. Tentu saja bagi yang memakan nanas secara langsung juga akan mendapatkan efek yang sama, seperti jantung yang sehat dan kesehatan yang baik, mengobati asma dan kesulitan pernafasan lainnya, mengurangi inflamasi dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Karena Bromelain mengandung bahan anticoagulant, itu sebabnya bromelain dapat menghambat pembekuan darah. Oleh sebab itu bromelain digabungkan dengan bahan anti inflamasi, sehingga membuatnya menjadi suplemen nutrisi yang besar untuk pencegahan kerusakan dan mengurangi pembengkakan serta kemerahan yang disebabkan oleh luka bakar atau luka akibat olahraga. Mengkonsumsi nanas setelah operasi adalah cara lain untuk mengurangi trauma yang disebabkan oleh insision atau injeksi.
Ada beberapa jenis inflamasi terkait dengan kondisinya, mulai dari athritis sampai ke penyakit inflamasi usus besar dan sinusitis; seperti kondisi inflamasi kulit; seperti eczema, jerawat, kemerahan di wajah, dermatitis dan psoriasis. Kenyataannya, banyak penyakit saat ini disebabkan oleh pemakaian obat inflamasi yang banyak dalam sel dan jaringan, apakah itu akibat dari mengkonsumsi makanan yang salah atau hidup di kondisi lingkungan yang kurang optimal (seperti polusi, asap, bahan kimia berbahaya, dsb) 

Bromelain sangat bermanfaat dalam merawat semua penyakit inflamasi di atas. Mekanisme yang utama dari aksi bromelain adalah proteolytic di alam, dan mungkin juga melibatkan immunomodulatory dan hormon seperti aktifitas melalui sinyal intraseluler. Hal ini juga telah menunjukkan bahwa bromelain dengan signifikan mengurangi CD4+T lymphocytes, yang merupakan efektor utama yang terlibat dalam inflamasi dalam tubuh.

Riset yang diterbitkan dalam Planta Medika jurnal, ditemukan bahwa obat kemoterapi, 5 – fluorauracil, benar – benar kurang bagus dibanding dengan bromelain ketika mengobati kanker pada penelitian hewan. Mereka yang diobati dengan bromelain bertahan hidup 263% kali lebih daripada mereka yang dirawat dengan 5 – fluorauracil. Bromelain tidak menyebabkan efek luar terhadap hewan, selain dari meningkatnya kesehatan mereka. Obat – obatan kemoterapi memberikan banyak efek daripada kebaikan, dan sebenarnya membunuh sel – sel tubuh yang sehat, dan melakukan kemo bisa membuat sel dalam tumor (artinya kankernya menjadi resistan terhadap obat – obatan kemo) menjadi resistan dan lebih berbahaya.

Sebagai tambahan, efek anti – inflamasi dan anti – koagulan dari bromelain dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain ini mungkin dapat meningkatkan reseptor imun tertentu dalam tubuh, dan itu meningkatkan kemampuan tubuh melindungi diri terhadap bakteri dan beberapa virus dengan lebih efisien. Bromelain membantu mekanisme yang telah berada di tempatnya untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien, dan memungkinkan sel – sel berkomunikasi lebih baik satu sama lain.

Nanas juga amat sangat kaya akan vitamin C, dan vitamin C merupakan antioksidan utama yang larut dalam air. Hal ini melindungi tubuh melawan radikal bebas yang menyerang dan menghancurkan sel yang normal. Vitamin C merupakan kebutuhan pokok untuk fungsi imun.

Bromelain, bertindak sebagai anti – coagulant, berarti bahwa bromelain akan membiarkan darah mengalir lebih bebas melalui system sirkulasi. Darah yang mengalir lebih bebas adalah darah yang lebih encer, dan berasosiasi dengan berkurangnya resiko stroke, serangan jantung, dan sirkulasi lainnya dan yang berkaitan dengan masalah jantung.

Tidak hanya benar – benar membantu kesehatan kardiovaskuler, tapi bromelain dalam nanas juga bekerja sedemikian rupa hingga mampu menghancurkan dahak dan mengencerkannya secara konsisten. Dalam kondisi seperti ashma dimana nafas sering kali terhalang oleh dahak yang kental di dalam paru – paru, bromelain berperan sebagai pengencer dahak, dan, membantu membuka pipa bronchitis di paru – paru, dan membantu pasien bernafas lebih baik.

Seluruh bagian dari nanas mengandung bromelain, bagaimanapun juga, inti dari nanas mengandung lebih banyak bromelain; pastikan kamu mengkonsumsi inti buah nanas sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dari buah nanas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

5 Manfaat Kopi Hitam

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan