Madu Untuk Kesehatan

Ingin tahu apa manfaat madu untuk kesehatan? Beberapa bukti memperlihatkan bahwa madu telah digunakan manusia sejak 2.500 tahun yang lalu. Bisa dikatakan bahwa seluruh bangsa di dunia ini mengenal madu sebagai produk alam yang sangat berharga dan bermanfaat. Sejak jaman dahulu, orang-orang telah meneliti dan menemukan begitu banyak manfaat yang dimiliki madu, utamanya untuk kesehatan. Dalam dunia kedokteran modern, peneliti menemukan manfaat madu untuk menyembuhkan luka, maka terlahirlah produk propolis yang dikenal berkhasiat sehingga bisa laris manis meskipun berharga mahal.
Apa yang membuat madu untuk kesehatan begitu populer?
Pertama, jelas rasanya yang manis. Kedua, karena madu sangat mudah dikonsumsi. Anda bisa memakannnya langsung, mengoleskannya pada roti menjadi seperti selai, mencampurnya dengan minuman seperti jus buah, perasan air jeruk nipis, kayu manis, serta rempah-rempah lainnya. Tanpa harus tersiksa oleh rasa pahit dan tidak enak seperti yang lazimnya dimiliki obat, anda bisa memperoleh manfaat madu untuk kesehatan anda dengan enak.
Memang ada juga madu yang berasal dari daerah tertentu, Flores misalnya, yang sangat keras, sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi balita. Tapi masalahnya bukan pada daerahnya, tetapi pada tawon yang menghasilkan madu murni tersebut dan juga jenis tanaman di mana para tawon tersebut mengumpulkan nektar. Beda tawon dan beda tempat alias tanaman akan memproduksi madu yang kualitasnya berbeda juga.
Madu Untuk Kesehatan
Adapun manfaat madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Pemanis: Gula bisa diganti dengan madu dalam makanan dan minuman. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis.
  2. Sumber energi: Madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi karena menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan. Satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 50 kalori. Selanjutnya gula dalam madu bisa dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu madu sangat mudah dicerna.
  3. Menurunkan berat badan: Walaupun madu memiliki kalori lebih dari gula, madu bila dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak disimpan dalam tubuh Anda. Demikian pula madu dan jus lemon dan madu dan kayu manis membantu dalam mengurangi berat badan.
  4. Meningkatkan kinerja para atlet: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah bantuan ergogenic yang sangat baik dan membantu dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu memfasilitasi dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan.
  5. Sumber dari vitamin dan mineral: Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah.
  6. Antibakteri dan antijamur: Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur , oleh sebab itu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.
  7. Antioksidan: Madu mengandung Nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh kita dapat ditingkatkan.
  8. Perawatan kulit dengan susu dan madu: Susu dan madu sering disajikan bersama-sama di pagi hari sebagai bahan untuk membantu dalam mendapatkan kulit yang halus.
sumber: Wayan Tulus

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger