Cara Mencegah Rambut Rontok

Rambut anda rontok? Ikuti 3 tips mencegah rambut rontok berikut ini. Ketika anda berusia belasan tahun, masalah rambut rontok biasanya belum menjadi sesuatu yang terasa begitu mengganggu. Kita biasa berpikir, toh, masih ada waktu untuk melakukan perawatan rambut. Usia belasan atau remaja memang masa untuk menikmati anugerah Tuhan atas segala fungsi tubuh yang sedang berada pada masa puncak. Namun, jika usia anda mulai menginjak 30an, rambut rontok menjadi begitu menakutkan. Belum lagi uban yang di sana-sini terselip. Meski sedikit, namun cukup menggetarkan rasa percaya diri seseorang.

Apa sih yang menyebabkan rambut rontok?

Rambut yang sehat, tetap mengalami kerontokan. Acuan dasarnya adalah apabila kira-kira jumlah helai rambut yang rontok tidak lebih dari 100 –150 helai per hari, itu normal. Kalau lebih, berarti masalah kerontokan rambut sudah mulai muncul. Penyebabnya? Bisa karena memang sudah keturunan, hormon tidak seimbang, pola makan yang salah, konsumsi obat-obatan tertentu, menjalani kemoterapi. Tapi yang paling sering adalah karena faktor kita sendiri yang salah merawat, misalnya menggunakan produk untuk rambut yang berbahan kimia keras.rambut rontok perlahan

Cara mencegah kerontokan rambut

Biasanya yang paling sering disarankan adalah dengan menjalani serangkaian perawatan khusus rambut rontok. Misalnya dengan memakai tonik rambut atau semacamnya. Ada juga yang jadi fanatik menggunakan shampoo merek tertentu yang mengklaim bisa mencegah rambut rontok karena mengandung bahan anu dan anu, ditambah pula dengan conditioner yang bisa begini-begitu. Efektifkah semua itu? Belum tentu.

Pada umumnya orang begitu percaya dengan produk kosmetik untuk rambut rontok karena mereka bisa memasang iklan yang bagus di hampir semua media yang mungkin. Dan semua model iklan produk kecantikan rambut itu rambutnya memang bagus sedari awal. Kalau tidak kan tidak dipilih jadi model iklannya, haha….

Yang justru sering dilupakan adalah upaya kita sendiri untuk memenuhi kebutuhan si rambut untuk hidup dengan bagus. Nah, Mag For Women menuliskan 3 tips dasar mencegah rambut rontok, seperti di bawah ini:

Konsumsi makanan kaya nutrisi

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya dalam suplemen dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan rambut sangat penting untuk mencegah rambut rontok. Pada dasarnya penyebab rambut rontok bisa jadi karena rambut kekurangan zat keratin, yang menyebabkan rambut rapuh dan mudah patah. Untuk memperkuat folikel rambut konsumsilah makanan yang berprotein tinggi, serta mengandung kalsium dan vitamin untuk memperkuatnya.

Jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan rambut antara lain, susu, telur, kacang-kacangan dan berbagai produk susu seperti keju. Dan hindari dehidrasi dengan memenuhi asupan air 8-10 sehari untuk mencegah kulit kepala kering dan rambut mudah rapuh.

Hindari produk perawatan rambut dengan bahan kimia keras

Sebelum memilih produk perawatan rambut perhatikan bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Karena penggunaan produk yang mengadung bahan kimia kera dapat merusak folikel rambut. Penggunaan berlebihan produk keras secara langsung merusak folikel rambut, bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada beberapa kasus. Contoh bahan kimia keras sejenis sulfat yang berlebihan dapat merusak kelembapan dan minyak alami pada rambut serta kulit kepala.

Rutin mengecek kesehatan rambut dan melakukan pijat kulit kepala

Rambut rontok bisa terjadi karena masalah hormon dan gizi yang tidak seimbang. Memeriksa kesehatan rambut dapat dilakukaan melalui pemeriksaan hormone dan gizi untuk membantu mencegah timbulnya rambut rontok. Selain itu melakukan pijatan rutin pada kulut kepala dengan minyak zaitun dapat membuat rabut kuat, tidak mudah patah dan rontok.  Melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, hasilnya bisa bisa membuat rambut sehat, kuat dan berkilau.

Bagaimana? Masih khawatir rambut anda rontok? Kalau masih, coba jalankan ketiga tips di atas. Dan semoga, minimal anda bisa mengurangi jumlah rambut yang gugur setiap harinya, dan tentu bisa menikmati keindahan ramabut anda lebih lama. Jadi tidak perlu beli rambut palsu, hehe….

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger