Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Tidak suka wortel? Baca dulu manfaat wortel untuk kesehatan berikut ini supaya kamu punya kesan positif terhadap wortel sehingga merasa lebih nyaman ketika makan wortel. Kebanyakan orang terbiasa memahami wortel mempunyai mafaat yang besar bagi kesehatan mata. Padahal, sebenarnya ada banyak hal yang sifatnya lebih umum. Manfaat wortel untuk kesehatan mata itu hanya salah satu saja. Secara umum, wortel juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan yang cukup kuat untuk membuat kita menolak memakan wortel, baik berupa sayur yang sudah dimasak, berbentuk jus wortel, atau dalam bentuk penganan yang lain.

wortel segarManfaat Wortel Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Penglihatan, Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan di waktu malam. Beta-karoten juga memiliki kemampuan melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak pikun.
  2. Wortel Untuk Mencegah Kanker. Penelitian telah menunjukkan wortel mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker. Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar-akarnya dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah.
  3. Wortel Untuk Memperlambat Penuaan. Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit. .
  4. Wortel Untuk Kulit, Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada rambut, kulit dan kuku. Vitamin A mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, dan warna kulit tidak merata.
  5. Wortel Untuk Antiseptik, Wortel dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi. Wortel dapat digunakan pada luka - diparut mentah atau direbus dan dihaluskan.
  6. Wortel Untuk Kesehatan Wajah, Wortel digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. Campuran parutan wortel dengan sedikit madu. 
  7. Mencegah Penyakit Jantung, Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten tetapi juga alfa-karoten dan lutein. Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.
  8. Membersihkan Racun di Dalam Tubuh, Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh sehingga mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.
  9. Wortel Untuk Gigi dan Gusi, Wortel membersihkan gigi dan mulut dengan mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur, yang menjadi alkali, keluar pembentuk asam. Mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.
  10. Mencegah Stroke. Dari semua manfaat di atas tidak mengherankan bahwa dalam sebuah penelitian di Universitas Harvard, orang-orang yang makan lebih dari enam wortel seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk menderita stroke dibanding mereka yang makan hanya satu wortel sebulan atau kurang. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.
  11. Menurunkan Kolesterol. Wortel juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, minum air parutan/jus wortel kemudian minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel dengan rutin.
  12. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh. Wortel juga dapat melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya yang terbawa oleh udara. Caranya adalah dengan mengkonsumsi wortel di campur dengan biji ketumbar dan dimasak menjadi sup wortel. Menurut hasil penelitian, wortel dan ketumbar memang dapat memperkuat pertahanan tubuh dari serangan virus jika dikonsumsi secara bersamaan.
Hmmm, bagaimana? Banyak to manfaat wortel untuk kesehatan? Jadi mulai sekarang kamu tidak punya alasan lagi untuk menolak wortel. Segar dan menyehatkan, meski kalau mau jujur, rasanya agak sengir, hehe…. Itu kalau mentah, kalau sudah di sop, mak nyus to?

1 comments:

  1. Nice info :) selain baik untuk kesehatan, ternyata wortel juga bisa membantu memutihkan gigi lho, wortel mengandung selulosa, zat yang membantu ‘merontokkan’ noda-noda di gigi secara alami.

    http://www.jafraindonesia.blogspot.com/2013/06/gigi-semakin-putih.html

    xoxo
    JAFRA Indonesia

    twitter: @JAFRAindonesia
    blog: jafraindonesia.blogspot.com
    fanpage: jafra indonesia
    web: jafra.co.id

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger