Cara Alami Mencegah Uban

Cara alami mencegah uban | Rambut putih diidentikan dengan usia tua. Ada juga yang menganggap identik dengan kebijaksanaan. Kalau rambut putih alias uban sudah muncul pada usia muda bagaimana? Pertanda apakah itu? Saya tidak akan menjawab pertanyaan ini, tetapi sebelum kita bahas cara alami mencegah uban, kita lihat dulu, faktor apa saja yang berpengaruh pada tumbuhnya uban.
Mau tidak mau, rambut akan memutih ketika kita beranjak tua. Namun, ada beberapa faktor yang dianggap sebagai penyebab utama rambut putih, yaitu:

  • genetik
  • gaya hidup tidak sehat
  • hormon tubuh yang tidak seimbang
  • diet yang keliru
  • stress
  • gangguan kelenjar tiroid
  • anemia
image
rambut rontok parah
Semua faktor diatas berpengaruh pada cepat lambat tumbuhnya uban.
Lalu bagaimana cara alami mencegah uban? Pada umumnya orang akan mencabut rambut putih atau mengecat rambut. Anda mungkin tidak terpikir untuk mencegah rambut putih dengan makanan. Ternyata ada loh, makanan untuk mencegah uban. Sudah alami, enak, segar, dan menyehatkan, bukan cuman rambut, tapi juga tubuh anda secara keseluruhan.
baca juga: Zat Pewarna Rambut Bisa Sebabkan Kanker
Berikut ini adalah makanan pencegah rambut putih ubanan:
1. Sayuran hijau
Beberapa vitamin yang dibutuhkan rambut untuk tetap "awet muda" adalah vitamin B6 dan B12. Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber makanan yang mengandung vitamin B yang tinggi. Selain baik untuk kesehatan rambut, sayuran hijau juga mengandung folat yang amat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui.
2. Cokelat
Cokelat mengandung zat tembaga alami yang tinggi. Tembaga diketahui memiliki peran aktif dalam merangsang produksi melanin di rambut. Melanin ini berfungsi untuk menghasilkan zat warna rambut.
3. Berry
Buah berry seperti strawberry, raspberry, atau cranberry, mengandung vitamin C yang bagus untuk rambut. Vitamin C tak hanya membantu mengatasi rambut beruban sebelum waktunya, tapi juga membantu membuat rambut jadi lebih sehat. Selain berfungsi untuk menyehatkan rambut, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit.
4. Salmon
Tak cuma lezat disantap, daging ikan salmon ternyata juga berkhasiat membantu melawan pigmentasi pada rambut. Kandungan selenium di dalam salmon akan membantu mengatur produksi hormon pemberi warna pada rambut. Untuk kesehatan, salmon juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang mengganggu sistem kerja tubuh.
5. Almond
Selama ini almond dikenal punya banyak manfaat untuk kulit. Padahal kacang juga bermanfaat untuk rambut. Kacang ini kaya akan vitamin E dan tembaga, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dan menjaganya tetap halus.
6. Garam
Kandungan iodin pada garam juga akan membantu mencegah perubahan warna rambut. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat kesehatan Anda terganggu. Solusinya, Anda bisa mengganti garam dengan makanan yang mengandung iodin tinggi seperti ikan, pisang, atau wortel.
7. Produk olahan susu
Berbagai produk olahan susu seperti keju dan yogurt mengandung vitamin B, B6, dan B12 yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang lancar akan membantu mengalirkan oksigen dan nutrisi lain ke kulit kepala, sehingga rambut jadi lebih sehat. Selain produk olahan susu, makanan lain yang juga mengandung vitamin B yang tinggi adalah serealia, pasta, daging, telur, dan sayuran hijau. sumber: Kompas
Hehe, berapa usia anda sekarang? Masih 20an atau 40an? Sudah mulai merasa khawatir dengan kehadiran uban di rambut anda? Hehe, cara alami mencegah uban dengan makanan di atas semoga bisa membuat anda merasa lebih tenang dan menikmati hidup. Hiduplah, makan makanan yang sehat, dan pandang rambut hitam anda lebih lama, wkwkwk!

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger