Langsung ke konten utama

10 Tips Tetap Sehat dari Pelatih Ayrton Senna

Ingin tetap sehat? Tentu saja. Sakit, selain biaya berobat yang mahal, juga membuat hidup menjadi tidak produktif, karena musti menghentikan aktivitas karena keharusan untuk beristirahat. Anda tentu paham maksud saya. Kesehatan tubuh itu tidak ternilai dengan uang. Meski sebenarnya sehat itu bukan hanya tubuh, tapi juga pikiran dan jiwa.
Nah, inilah 10 tips tetap sehat dari Nuno Cobra, pelatih Ayrton Senna, juara 3 kali Formula 1 dunia itu. Sampai sekarang, dia masih dianggap sebagai pembalap F1 terbaik di dunia.
Nuno Cobra
Ok, langsung saja, inilah 10 tips supaya tetap sehat:
1. Upayakan untuk tidur minimal 8 jam perhari. Sebisa mungkin jangan gunakan alarm untuk bangun pagi, karena itu bisa memicu stress. Begitu tiba waktunya bangun, ya bangunlah.
2. Jangan makan terlalu banyak dalam sekali makan. Lebih baik makan sedikit dalam jeda waktu tertentu. Misalnya 3 jam sekali.
3. Belajarlah untuk merasakan – menikmati makanan dengan jalan mengunyahnya perlahan dan selama mungkin.
4. Berolah raga-lah minimal 3 kali seminggu. Meskipun hanya dengan berjalan kaki, itu sudah cukup untuk membuat tubuh anda mendapat manfaat dari kegiatan yang bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang itu.
5. Hindari stress. Jika terpaksa mengalaminya, cobalah untuk meredakannya sesegera mungkin.
6. Sediakan waktu sedikitnya 15 menit per hari untuk menenangkan pikiran dengan meditasi.
7. Kalau bisa mandi lebih dari 2 kali, lakukanlah. Itu akan membuat badan anda terasa segar dan bersemangat.
8. Tidak ada gunanya anda berolah-raga, rajin fitness, diet, atau apapun, jika anda tidak menghentikan kebiasaan buruk seperti minum minuman keras dan merokok.
9. Ketika anda berolah raga, fokuslah, jangan lakukan sambil membaca atau mendengarkan musik ketika bersepeda atau lari.
10. Biasakan bernafas dalam dan panjang. Fokuslah pada udara yang masuk dan keluar paru-paru anda. Sumber: Daily Blog Tips
Itulah 10 tips hidup sehat dari pelatih Ayrton Senna. Bagaimana? Tips mana yang menurut anda paling mungkin dilakukan? Mana yang sepintas terasa tidak masuk akal? Mana yang terdengar mengada-ada?
Kalau bagi saya, berhenti merokok, itu yang paling sulit, hehe…. Dan sepertinya perlu ditambahkan untuk paling tidak melepaskan diri dari gadget apapun paling tidak 15 menit sebelum berangkat tidur. Bagaimana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan