Langsung ke konten utama

Tips Bekerja Di Rumah Dengan Efektif

Banyak orang mencoba untuk bekerja di rumah. Meskipun ada juga yang merasa tidak nyaman. Mengapa tidak nyaman? Ok, harus diakui, bekerja di rumah mempunyai tantangan tersendiri dibandingkan bekerja di kantor. Pekerjaan apa yang bisa dilakukan di rumah? Banyak juga sih, mulai dari tukang jahit, mengelola laundry, sampai ngeblog alias menjadi blogger. Banyak juga desainer yang tidak mempunyai kantor khusus, cukup menjalankan usahanya dari rumah. Bagaimana dengan anda? Ingin atau sudah bekerja dari rumah tapi bingung mengefektifkan pekerjaan anda?
Bisa saja sebenarnya kita bekerja di rumah sambil tetap mempertahankan efektifitas dan kecepatan bekerja. Apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
bekerja di rumah
Singkirkan semua pengalih
Barang-barang seperti televisi dapat menjadi pengalih bagi pekerjaan Anda. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan ruang khusus agar tidak teralihkan dengan mudah. Cara lain, Anda dapat mematikan televisi dan menerapkan disiplin diri agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan.
Kursi nyaman
Berinvestasilah pada kursi atau sofa yang nyaman. Jika memilih kursi yang didesain khusus untuk tulang punggung, Anda dapat bergerak dengan lebih mudah dan terhindar dari nyeri.
Jaga kerapihan
Jika meja Anda penuh dengan barang pribadi, Anda tentu akan sulit berkonsentrasi dan bekerja. Buatlah tempat penyimpanan agar barang-barang tersebut tidak perlu sampai menumpuk di meja Anda. Cobalah disiplin dalam memisahkan mana barang pribadi dan yang berhubungan dengan pekerjaan.
Membuat jadwal
Tips ini hanya sedikit berhubungan dengan dekor ruangan Anda. Sediakan timetable atau jadwal Anda di ruang kerja. Tentunya, sebelum menyediakan jadwal tersebut Anda harus membuat rincian kegiatan yang perlu dipatuhi.
Singkirkan kabel
Buatlah sistem pengaturan kabel. Selain lebih rapih, kabel yang teratur juga mengurangi risiko membahayakan orang lain atau Anda sendiri karena seringkali tersandung.
Pastikan privasi
Jika Anda berbagi rumah dengan anggota keluarga lainnya, ada baiknya Anda menjaga privasi dengan menutup pintu atau menyekat ruangan. Mengurangi gangguan dapat membuat Anda bekerja dengan lebih baik.
Pilihlah lokasi ideal
Idealnya, Anda punya ruang bekerja khusus yang terpisah dari rumah utama. Namun, hal tersebut bukan kewajiban. Anda juga bisa mencari posiai ternyaman di rumah Anda dan menjadikannya tempat bekerja. Hal terpenting adalah cara Anda mampu bekerja dengan nyaman agar dapat efisien dan efektif.
Pencahayaan yang baik
Pencahayaan penting ketika Anda bekerja. Jika tidak cukup, Anda akan merasa tidak nyaman bekerja di ruang tersebut. Begitu juga jika terlalu terang.
Pajang karya seni
Meskipun tampak sepele, kehadiran karya seni dapat memberikan dinamika tersendiri pada ruang kerja Anda. Selain itu, karya seni seperti lukisan atau pajangan lain memberikan kesan personal pada ruangan tersebut. Tapi, perlu diingat, carilah karya seni yang mampu mempercantik ruang kerja Anda tanpa terlalu banyak mengalihkan perhatian.
Kesegaran area kerja
Terakhir, pertimbangkanlah kehadiran ornamen penyegar ini di ruang kerja Anda. Meskipun bukan pecinta tanaman, Anda pasti merasa adanya perbedaan antara ruang kerja yang memiliki bunga atau tanaman hidup dengan yang tidak memilikinya sama sekali. Carilah tanaman mungil untuk Anda pajang di ruang kerja. Tanaman ini dapat membuat ruangan terasa lebih hidup dan lebih segar. sumber: Kompas Properti
Saya sendiri banyak menghabiskan waktu di rumah juga untuk bekerja. Tantangan utamanya memang menjaga mood dan menghindari gangguan. Tapi asal bisa disiplin dan menepati target, bekerja di rumah tetap bisa dilakukan dengan nyaman. Syarat lain adalah anggota keluarga anda mengerti dan memahami bagaimana anda bekerja, jadi mereka tidak menuntut anda melakukan hal-hal lain selama ‘jam kerja’ anda. Bagaimana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Jus Untuk Penderita Darah Tinggi