Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Jantung Lemah

Ciri atau tanda jantung lemah. | Lemah jantung adalah kondisi di mana jantung tidak berfungsi normal atau kemampuannya menurun, sehingga jantung tidak dapat memompa darah untuk mencukupi keseluruh anggota badan.. Bagian terpenting dari jantung adalah otot khusus yang kemampuannya bergantung pada tekanan darah pada tubuh kita. Kondisinya seperti ini, jika tekanan darah tinggi, maka kerja otot tersebut akan semakin berat. Nah, otot khusus ini berbeda dengan otot tubuh kita yang lain, kemampuannya untuk memompa darah malah menurun jika otot jantung ini membesar. Jika otot jantung ini sudah atau memang lemah bawaan, maka sangat sulit untuk menyembuhkannya, mengingat karakteristiknya yang berbeda. Maka yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kekuatan jantung dengan obat-obatan. Tentu ini harus melibatkan dokter yang memang kompeten untuk memberikan diagnosa yang tepat.
Ciri atau tanda jantung lemahKondisi jantung lemah ini sendiri sering tidak disadari oleh penderitanya. Karena itu kita perlu mengenali ciri-ciri jantung lemah. Paling tidak, kita bisa mengambil langkah-langkah antisipatif jika belum bisa konsultasi dengan dokter.
Ucsfhealth.org mengungkapkan ciri/tanda lemah jantung sebagai berikut:
  1. Sesak napas
    Ketika jantung mulai melemah fungsinya, darah kembali masuk ke pembuluh darah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jantung. Akibatnya, pernapasan menjadi terganggu. Biasanya gejalanya muncul sebagai sesak napas selama berolahraga atau melakukan kegiatan lainnya.
    Jika kondisinya memburuk, sesak napas dapat terjadi saat sedang istirahat atau tidur. Sesak napas yang dialami ini akan menyebabkan tubuh merasa lelah dan cemas.
  2. Kelelahan
    Ketika jantung semakin melemah, jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh. Sebagai kompensasi, darah dialihkan dari bagian tubuh yang kurang penting, misalnya lengan dan kaki, untuk memasok daerah yang lebih penting seperti jantung dan otak. Akibatnya penderita sering merasa lemah, terutama di bagian lengan dan kaki dan mengalami kesulitan melakukan aktivitas normal seperti berjalan, naik tangga atau membawa beban berat.
  3. Batuk kronis
    Penumpukan cairan di paru-paru dapat menyebabkan batuk yang sulit disembuhkan atau mengi. Terkadang sampai menghasilkan dahak atau lendir yang bercampur dengan darah.
  4. Detak jantung cepat atau tidak teratur
    Jantung dapat mempercepat denyutnya untuk mengimbangi ketidakmampuannya memompa darah ke seluruh tubuh. Penderita akan merasa jantungnya berdebar atau terkadang denyut jantungnya tidak teratur.
  5. Nafsu makan berkurang
    Ketika hati dan sistem pencernaan sudah bekerja keras namun gagal menerima pasokan darah sehat, maka akibatnya muncul rasa mual atau kenyang padahal belum makan. Gangguan ini ditambah berbagai faktor lain dapat menyebabkan berat badan berkurang dengan cepat.
  6. Gangguan berpikir
    Kadar zat tertentu yang abnormal dalam darah seperti natrium dan berkurangnya aliran darah ke otak dapat mengganggu daya ingat atau disorientasi. Namun penderita lemah jantung sendiri seringkali tidak menyadarinya.
  7. Penumpukan cairan dan pembengkakan
    Karena aliran darah ke ginjal terganggu, ginjal memproduksi hormon yang menyebabkan penyimpanan garam dan air. Akibatnya terjadi pembengkakan atau disebut juga dengan edema. Kondisi ini paling sering terjadi pada pergelangan tangan dan kaki. sumber: Detik Health
Bagaimana? Apakah anda sendiri, teman, atau keluarga anda mengalami salah satu atau semua ciri tanda jantung lemah di atas? Semoga saja tidak ya….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Jus Untuk Penderita Darah Tinggi