7 Cara Sederhana Mencegah Diabetes Mellitus

Diabetes MellitusCara Mencegah Diabetes РAda pernyataan tentang diabetes di Indonesia yang agak menakutkan, yaitu bahwa jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia meningkat sampai tiga kali lipat hanya dalam waktu 10 tahun. Kog bisa? Tentunya kembali ke diri kita masing-masing. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit diabetes mellitus ini supaya kita tidak sampai terkena? Caranya sederhana saja kog. Meski tidak semudah dikatakan. Sebagian besar bahkan terkesan clich̩, saking seringnya dikatakan orang. Tapi tetap saja kita yang ndableg meremehkan kesehatan badan. Semoga itu tidak terjadi pada Anda.
Berikut ini adalah 7 cara sederhana mencegah Diabetes Mellitus

  1. Pertahankan berat badan ideal. Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes (biasanya tipe 2) memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.
  2. Ketahui riwayat kesehatan keluarga. Kemungkinan seseorang terkena diabetes di kemudian hari akan meningkat jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang menderita diabetes. Faktor gen juga mempunyai pengaruh yang besar.
  3. Tetap aktif secara fisik. Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan kelancaran aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.
  4. Makanlah diet yang seimbang, rendah lemak dan gula. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.
  5. Lakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.
  6. Monitor tekanan darah secara teratur. Sekitar 73 persen orang dewasa dengan diabetes ternyata juga menderita tekanan darah tinggi.
  7. Tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid, zat warna dalam buah-buahan dan tanaman, akan merangsang produksi insulin dan menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga merangsang pembentukan advenced glycation end products (AGEs). Sementara kebanyakan AGEs tidak berbahaya, sebagian yang lain dapat mengganggu fungsi molekuler dan memberikan kontribusi terhadap kerusakan organ dan saraf. sumber: Palembang Tribun News
Singkatnya adalah jaga pola makan, diet seimbang, aktif olah raga, rajin periksa ke dokter, makan buah dan sayuran segar. Mudah dan sederhana kan untuk mencegah diabetes mellitus? Sekali lagi, tetap membutuhkan faktor yang paling utama, yaitu niat alias komitmen supaya kita bisa hidup sehat.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger