Manfaat kunyit untuk tubuh kita



Manfaat kunyit untuk tubuh kita

Sobat, dalam kehidupan kita sehari – hari kita pasti pernah pergi ke dapur meskipun hanya sebentar saja. Nah jika kita mengenal dapur, kita juga pasti mengenal beberapa bumbu dapur yang ada di sana. Bumbu dapur ini selain memberikan rasa yang sedap untuk masakan kita, bumbu dapur ternyata juga mempunyai banyak manfaat yang tak terduga untuk tubuh kita. Dan saat ini yang akan kita bahas adalah manfaat baik dari kunyit untuk tubuh kita. 

Kalian pasti mengenal kunyit kan. Kunyit sangat khas dengan bau dan warnanya yang kuning cerah. Warna itu akan sangat sulit dihilangkan jika terkena baju kita. Dan ternyata bumbu yang satu ini mempunyai banyak manfaat. Kunyit mengandung beberapa anti oksidan, di antaranya adalah anti bakteri, anti inflamasi, antivirus, mencegah kanker, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Selain mengandung berbagai macam anti oksidan, kunyit juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kunyit contohnya adalah protein, Vitamin C, Vitamin K, kalsium dan lain – lain. 

Inilah beberapa manfaat dari kunyit
1.      Mencegah kanker
Kunyit dapat membantu mencegah kanker prostat, menghentikan pertumbuhan kanker prostat yang telah tumbuh sebelumnya dan bahkan menghancurkan sel – sel kanker. Kunyit juga membantu mencegah kanker leukemia.

2.      Mengurangi penyakit sendi
Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam kunyit sangat bagus untuk mengurangi arthritis atau nyeri yang terjadi pada sendi. Selain itu, anti oksidan yang terkandung dalam kunyit juga dapat menghancurkan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh yang dapat menghancurkan sel – sel tubuh.

3.      Mengurangi tingkat kolesterol
Secara umum sudah diketahui bahwa tingkat kolesterol yang tinggi dapat mengarah ke berbagai macam penyakit yang tentunya tidak baik bagi tubuh, bahkan sering terjadi kematian karena kolesterol memicu tekanan darah menjadi semakin tinggi sehingga berakibat pada stroke atau gagal jantung yang dapat menyebabkan penderita meninggal dunia. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi kunyit bubuk satu sendok ditaburkan ke dalam makanan akan dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh kita.

4.      Menyembuhkan luka
Kunyit dengan kandungan yang dimilikinya, salah satunya adalah anti septic dan anti bakteri, sehingga kunyit dapat digunakan untuk perawatan menyembuhkan luka. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan menaburkan sedikit kunyit bubuk di atas luka maka proses penyembuhannya akan berjalan lebih cepat. Kunyit juga dapat memperbaiki kulit dan juga dapat membantu penyembuhan untuk jenis penyakit kulit yang lain.

5.      Menjaga berat badan
Hampir semua wanita menginginkan berat badan yang ideal, selain agar memiliki penampilan yang menarik, berat badan yang ideal juga bagus untuk kesehatan tubuh. Semakin gemuk tubuh akan semakin besar terkena resiko berbagai macam penyakit. Kunyit memberikan solusi bagi wanita yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Kunyit dapat membantu menurunkan berat badan karena kunyit mengandung bahan yang dapat menguraikan lemak di dalam tubuh. Bagi yang menginginkan tubuh dengan berat badan yang ideal sebaiknya konsumsilah kunyit setiap kali makan. Sekarang sudah banyak tersedia kunyit bubuk, tambahkan satu sendok kunyit bubuk ke makanan setiap kali akan makan. 

Itulah beberapa manfaat dari kunyit yang sering kita temui di dapur kita. Ternyata kunyit selain memberikan rasa yang enak pada masakan kita, kunyit juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Semoga sedikit bahasan tentang kunyit ini dapat bermanfaat bagi kita semua…..



0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger