Zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok



Zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok


Kita semua tahu bahwa rokok amat sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Memang akibat dari rokok tidak dapat langsung terlihat tetapi melalui proses yang cukup lama. Banyak sekali jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok.  Dan semua penyakit tersebut bukanlah jenis penyakit yang tergolong ringan dan mudah untuk disembuhkan. Penyakit – penyakit yang disebabkan oleh rokok diantaranya adalah kanker tenggorokan, kanker paru – paru dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya. Kita juga bisa membaca akibat yang ditimbulkan oleh rokok di setiap kardus pembungkus rokok merk apa saja dan juga di iklan rokok yang ditayangkan di televisi maupun yang dipasang di pinggir jalan.
Tapi anehnya kenapa orang masih juga belum sadar akan bahaya dari menghisap rokok tersebut. Justru tiap tahun jumlah perokok semakin meningkat saja, bahkan dari kalangan anak – anak dan remaja.  Alasan dari beberapa orang yang merokok adalah karena menurut mereka dengan merokok dapat mengusir kepenatan dan membuat mereka lupa akan masalah yang mereka alami. Ada yang merokok untuk mengusir kesepian dan agar tidak melamun juga mencegah kantuk di saat – saat mereka harus terjaga. Ada juga yang beralasan karena gengsi dengan teman sehingga ketika diajak menghisap rokok untuk yang pertama kalinya mereka tidak menolak, sehingga akibatnya mereka benar – benar jadi perokok.
Kenapa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita? Hal ini disebabkan karena rokok mempunyai banyak kandungan zat yang berbahaya, antara lain : nikotin, karbon monoksida, tar, gas oksidan, benzene, zat karsinogen, zat iritan, dan masih banyak lagi zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam rokok.
Nikotin sangat berbahaya bagi tubuh kita karena nikotin dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan sehingga selalu ada keinginan untuk menghisap rokok. Tidak hanya dapat menyebabkan kecanduan tetapi nikotin juga dapat menyebabkan rusaknya jaringan otak, darah jadi lebih cepat membeku dan membuat dinding arteri menjadi keras.
Karbon monoksida sangat berbahaya bagi tubuh kita. Zat yang dapat ditemukan pada asap kendaraan bermotor ini mampu mengikat diri pada hemoglobin darah sehingga menghalangi penyediaan oksigen ke dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan transportasi darah menjadi terganggu.
Tar merupakan bahan dasar untuk membuat aspal. Bahan ini adalah salah satu bahan yang terdapat di dalam rokok. Sehingga ketika seseorang menghisap sebatang rokok tidak menutup kemungkinan jika zat tersebut ikut terhisap. Akibat yang ditimbulkan oleh zat ini adalah zat ini akan mempengaruhi kinerja rambut – rambut kecil yang terdapat di lapisan paru – paru yang berfungsi untuk membersihkan kuman dan hal lain yang lain yang keluar dari paru – paru. Jika rambut tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, artinya paru – paru tidak akan terlindungi dari kuman atau hal lain. Selain itu tar juga bisa membunuh sel yang terdapat dalam saluran darah, menyebabkan produksi lender di paru – paru menjadi meningkat serta dapat menyebabkan kanker paru – paru.
Gas oksidan merupakan salah satu gas yang dapat bereaksi dengan oksigen. Jika gas ini terdapat dalam tubuh maka hal yang buruk bisa terjadi yakni resiko terkena stroke dan serangan jantung akan lebih tinggi diakibatkan karena terjadinya penggumpalan darah yang menghambat jalannya oksigen menuju jantung.
Benzene merupakan salah satu zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak. Tentu saja zat ini tidak baik untuk tubuh kita, karena zat ini dapat merusak sel pada tingkat genetic sehingga bisa menyebabkan berbagai jenis kanker.
Zat karsinogen juga akan memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan zat karsinogen dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.
Zat iritan diketahui dapat menyebabkan saluran dan kantung udara dalam paru – paru menjadi kotor serta dapat menyebabkan batuk.
Itulah tadi beberapa zat yang berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok. Mari hidup sehat dengan menghindari rokok. Sayangi diri anda dan orang yang ada di sekitar anda.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger