Manfaat yang terkandung dalam bawang bombay

       Bawang bombay, siapa yang tak kenal dengan bumbu ini? Bawang bombay berukuran lebih besar dibanding dengan bawang bawang merah dan bawang putih. Bawang bombay adalah salah satu jenis bumbu yang mempunyai aroma dan rasa yang lezat.  Bawang bombay juga mempunyai manfaat yang lain selain enak dan beraroma harum, yakni berguna juga dalam hal kesehatan.

Manfaat yang terkandung dalam bawang bombay =

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Ternyata jika kita memakan setengah bagian dari satu bawang bombay maka kolesterol buruk yang ada di tubuh kita akan berkurang. Sehingga secara otomatis kesehatan jantung kita juga akan terjaga. Kemanjuran bawang bombay juga terlihat efektif ketika dimakan mentah dan dikonsumsi secara teratur.
  2. Mempercepat sirkulasi darah
    Bawang bombay mengandung phytochemical, nutrisi yang membantu mengoptimalkan fungsi vitamin C di tubuh. Kandungan phytochemical dalam bawang bombay juga dapat meringankan peradangan dan sirkulasi darah, sehingga pada akhirnya dapat menjaga fungsi sistem radiovaskuler.
  3. Mencegah osteoporosis
    Bawang bombay mengandung bahan khusus yang bisa menggantikan tulang yang keropos yang dialami wanita yang dikenal sebagai osteoporosis. Oleh sebab itu, jika kamu ingin mencegah osteoporosis dengan cara alami, konsumsi bawang bombay secara teratur.
  4. Membantu menjaga kadar gula darah
    Bawang bombay juga mengandung chromium, mineral esensial yang bisa membantu sel untuk merespon insulin untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
  5. Membantu pencernaan
    Bawang bombay kaya akan serat. Serat adalah nutrisi yang penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Pencernaan yang sehat akan menjagamu dari hal seperti konstipasi.
  6. Meningkatkan sistem imun
    Memakan bawang bombay juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun dan merawat peradangan. Imun yang kuat adalah kunci untuk mempertahankan diri sendiri dari penyakit.
  7. Mencegah asma
    Bawang bombay juga mempunyai kandungan sulfur sehingga dapat menghentikan rantai biokimia yang akhirnya dapat menyebabkan asma. Bawang bombay juga membantu mengeluarkan dahak bagi penderita batuk.
  8. Mencegah kanker
    Bawang bombay mengandung quercetin dan flavonoid yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Flavonoid adalah antioxidan yang menjaga sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Quercetin diketahui dapat memperlambat atau bahkan menghentikan pertumbuhan sel tumor dan melindungi dari ancaman kanker, khususnya kanker usus besar.
Itulah tadi ulasan mengenai manfaat yang terkandung dalam bawang bombay yang ternyata sangat bagus bagi tubuh kita. Jadi tunggu apalagi, mari kita konsumsi bawang bombay mulai dari sekarang karena banyak manfaat yang akan kita peroleh darinya.

1 comments:

  1. bawang bombay bisa mencegah osteoporosis juga toh?
    wah, bisa dicoba nih, bisa menggantikan susu berkalsium tinggi, lumayan bisa ngirit, hehehe,,,

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger