Awas! Sering Sendawa Berarti Enzim Tidak Seimbang

Anda sering sendawa tanpa tahu jelas apa penyebabnya? Wah, bisa jadi ada yang tidak beres dengan tubuh anda tuh…. Sejatinya, tubuh itu peka dengan perubahan apapun yang terjadi atasnya, dan dia tidak pernah alpa untuk memberi tanda. Masalahnya, kita, sebagai pengguna tubuh kita ini, justru sering tidak tanggap dengan sasmita atau pertanda itu. Sekalinya pertanda itu kita negasikan, yang terjadi semua sudah agak terlambat. Sakitlah ….

Salah satu pertanda dari tubuh bahwa dia tidak dalam kondisi ideal adalah sendawa. Apa sih sendawa itu? Apa penyebabnya? Sendawa adalah proses yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan gas dari dalam perut. Kog bisa muncul gas di perut?

Proses pencernaan makanan jenis tertentu memang normal memunculkan gas. Jika jumlahnya tidak terlalu banyak, tidak masalah. Namun, jika dia sampai terperangkap di antara saluran pencernaan atas dan bawah, dia harus keluar. Terjadilah sendawa. Jika tidak, perut akan terasa tidak nyaman.

Selain makanan, ada hal lain yang menyebabkan sendawa?

bersendawaMenelan udara bersamaan dengan waktu kita makan, minum, apalagi dalam keadaan stres, terburu-buru, bicara waktu makan, kebiasaan minum menggunakan sedotan, makan permen, minuman bersoda  merupakan penyebab utama sendawa ini. Menelan udara juga sering terjadi tanpa kita sadari karena kita cemas, gugup.

Pada beberapa orang  sendawa bisa merupakan suatu kebiasaan yang yang dilakukan berulang-ulang, tanpa ada hubungannya dengan jumlah gas dalam lambungnya, dan bisa juga akibat rasa tidak enak di lambung dan dengan melakukan sendawa ini perasaan tidak enak itu bisa berkurang, ini tanpa disadari  dapat mendorong seseorang melakukan kebiasaan bersendawa.

Refluks asam lambung yang masuk ke dalam esofagus, gastritis, tukak duodenum, dispesia, gangguan pada pankreas, batu pada kandung empedu, keterlambatan pemgosongan lambung bisa juga mengakibatkan keluhan sendawa.

Jika anda bersendawa tidak terlalu sering, berdoalah itu masih normal. Jika sudah terlalu sering, coba perhatikan pola makan anda. Normalnya, manusia menghasilkan 0,5 sampai 1 liter gas yang akan dikeluarkan 1-4 kali sehari. Suatu gangguan di sistem pencernaan timbul karena adanya ketidakseimbangan pola makan. Hal ini berakibat pada ketidakseimbangan enzim yang menyebabkan sendawa.

Yang biasa menjadikan ketidak seimbangan enzim dalam proses pencernaan adalah konsumsi daging berlebihan dibandingkan dengan konsumsi sayur. Daging membutuhkan usaha lebih enzim pencernaan seperti amilase, protease, dan lipase untuk mengolahnya. Hal ini tidak selalu bisa dipenuhi sistem pencernaan. Kurangnya enzim pencernaan inilah yang kemudian memicu sendawa.

Untuk mengurangi sendawa, seimbangkan pola makan anda dengan buah dan sayur. Asupan kaya serat ini tidak memerlukan terlalu banyak enzim pencernaan dalam pengolahannya.

Dengan konsumsi seimbang, enzim pencernaan bisa tetap tercukupi. Dalam sehari usahakan mengkonsumsi 25-30 gram serat, atau setara 3 mangkuk buah dan sayur.

Selain itu anda juga bisa lakukan ini:

1. Makan dan minumlah dengan tenang, pelan-pelan, jangan terburu-buru
2. Hindari penggunaan sedotan waktu minum
3. Kurangi, atau bahkan hindari sama sekali minuman bersoda, bir.
4. Berhenti merokok
5. Pertahankan berat badan normal
6. Hentikan kebiasaan makan permen
7. Olahraga teratur

Jika benar-benar bermasalah, cobalah konsumsi makanan di bawah ini:

1. Jahe

Ambil sepotong kecil jahe dan campurkan dengan 1 sdt air lemon dan sedikit garam untuk membantu meringankan masalah bersendawa serta masalah pencernaan lainnya. Bahkan, jahe dan madu dapat mencegah masalah sendawa yang berlebihan lho.

2. Kapulaga

Rebus kapulaga selama 10 menit dalam air dan minum airnya selagi hangat. Minuman ini bisa mengurangi kejang otot di perut dan merupakan salah satu pengobatan rumah untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan.

3. Peppermint

Rendam daun peppermint kering dalam 1 cangkir air mendidih selama lima menit dan minum selagi hangat. Ini adalah salah satu pengobatan rumah terbaik untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan secara alami.

4. Bawang putih

Menelan tunas bawang putih dan kemudian minum segelas air. Cara ini sangat efektif jika dilakukan saat perut kosong. Hancurkan tunas bawang putih dan sepotong kecil jahe. Masukkan ke dalam segelas susu hangat. Minum setelah makan.

5. Air jeruk nipis

Campurkan satu sendok teh air jeruk nipis dan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air dingin untuk menyembuhkan masalah sendawa yang berlebihan secara alami. Minuman ini juga membantu pencernaan.

Inilah lima makanan yang dapat menyembuhkan kebiasaan bersendawa berlebihan secara alami. Ingat, sesuatu yang dianggap sepele bisa saja malah berbahaya bagi kesehatan. sumber: Kompas Health, Merdeka

1 comments:

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger