Tips Perawatan Kulit Supaya Tidak Cepat Keriput

Anda khawatir kulit anda cepat keriput? Ya…. Kalau memang usia sudah tua, agak susah juga sih. Bagaimana kalau usia masih dua puluhan tapi sudah mulai terlihat keriput di sana-sini? Wah, ini masalah. Ikuti beberapa tips merawat kulit supaya tidak cepat keriput di bawah ini.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami penurunan elastisitas. Atau kemampuannya untuk mempertahankan bentuk. Itu sebabnya keriput muncul. Beberapa orang secara alami dikaruniai anugerah kulit yang senantiasa lentur dan elastis. Namun ada pula yang meski masih terhitung berusia muda, namun kelenturan kulitnya sudah menurun sedemikian drastis. Tidak bisa di irikan sih.

kulit keriputNah, kalau anda merasa bermasalah dengan kelenturan kulit dan munculnya keriput di kulit, bacalah tips perawatan kulit untuk mencegah keriput berkut ini:

1. Mulai sesegera mungkin
Walau tidak tampak, tetapi sebenarnya kulit mulai menua pada pertengahan usia duapuluhan. Produk kecantikan favorit Anda mungkin tak akan bisa mencegahnya. Faktor gen, kebiasaan tiap hari dan paparan sinar matahari bisa menjadi penyebabnya. Karenanya jangan tunda untuk merawat kuli.

2. Gunakan pembersih yang sesuai
Pilihlah pembersih berbentuk krim untuk kulit kering, atau bebas minyak dan berbusa untuk kulit berminyak. Bila kulit cenderung sensitif, dianjurkan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menghindari iritasi.

Setelah mencuci muka, bilaslah dengan air hangat atau dingin. Air panas bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Tepuk-tepuklah wajah hingga kering menggunakan handuk, dan jangan diusap.

3. Gunakan pelembab
Pelembab bisa melindungi dan memperbaiki kulit. Bila kulit cenderung berminyak, maka bisa digunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak setiap hari. Namun jika kulit kering, gunakan pelembab lebih dari satu kali dalam sehari. Tepuk-tepuklah saat kulitmu masih terasa basah, untuk 'mengunci' krim pelembab dalam lapisan kulit.

4. Gunakan tabir surya
Perlindungan terhadap sinar matahari sangat dibutuhkan, terutama di siang hari, meski Anda banyak beraktivitas di dalam ruangan. Gelombang sinar matahari bisa menembus awan dan jendela, sehingga selalu ada risiko terpapar.

Beberapa produk pelembab mengandung tabir surya namun bila tidak, gunaan tabir surya dengan kadar SPF sedikitnya 30. Lakukan hal yang sama pada bibir.

5. Bisa berlapis
Perawatan anti-aging bisa digunakan berlapis. Mulailah dengan pembersih kulit, kemudian cream atau gel sesuai yang dianjurkan. Misalnya saat pagi gunakan pelembab dan tabir surya dan di malam hari gunakan produk anti-aging dan pelembab.

6. Hilangkan lapisan kulit mati
Pengelupasan kulit mati akan membantu kulit tampak bersinar. Untuk melakukannya bisa menggunakan kain lap lembut, sikat berputar, atau sikat khusus. Bila kulit cenderung kering, sebaiknya lakukan satu minggu sekali. Sedangkan untuk yang berminyak, bisa dilakukan 1-2 kali seminggu. Jika kulit berjerawat atau sensitif sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena pengelupasan mungkin akan membuat kulit iritasi.

7. Produk khusus
Beberapa produk perawatan kulit mengandung bahan yang menghilangkan lapisan kulit mati. produk ini akan membantu memperlihatkan lapisan di kulit bawahnya yang lebih segar dan bersinar.

8. Kulit gelap tetap perlu perawatan
Ras African-American atau hispanik bisa lebih sensitif pada matahari atau bahan kimia. untuk kulit ini, tetaplah lakukan perawatan kulit yang sederhana dan halus. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab dan sunscreen, untuk melindungi dari kanker kulit, pengerutan, dan spot gelap

9. Perhatikan asupan
Kulit juga perlu nutrisi yang baik, sama halnya seperti bagian tubuh yang lain. Beberapa penelitian menyarankan nutrisi untuk memperbaiki dan melindungi kulit. Krim dan serum yang mengandung vitamin C dan E, bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

10. Organik tak selalu lebih baik
Tidak ada bukti spesifik yang membuktikan perwatan kulit dan kosmetik organik lebih baik untuk kulit. Pada beberapa kasus produk ini justru menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif. Sebelum menggunakan pada wajah, sebaiknya dicoba dulu pada bagian tersembunyi.

11. Facial tak selalu perlu
Perawatan yang baik tak selalu membutuhkan facial. Namun facial akan membuat kulit tampak halus untuk sementara. Beberapa salon menyediakan facial dengan fasilitas membersihkan dan mengelupas. Facial mungkin memacu reaksi alergi, jadi sebaiknya hidari jika kulit kemerahan atau luka setelahnya.

12. Berjerawat
Banyak orang tetap berjerawat meski sudah dewasa. Penyebabnya bisa karena hormonal atau stres. Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk mengetahui apa yang kulit Anda butuhkan.

13. Menjaga kulit tetap bersinar
Seluruh produk perawatan kulit yang mahal tak akan bekerja efektif jika Anda masih saja malas konsumsi buah dan sayuran segar, stres dan merokok. source: Kompas Health

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger