Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Jerawat dan Apa Penyebabnya

Kamu berjerawat? Bingung cara mengobatinya? Mungkin masalahnya adalah keliru mengenali jenis jerawat yang ada di kulit wajahmu, sehingga pengobatan yang kamu berikan tidak tepat. Coba kita kenali dahulu jenis-jenis jerawat yang umumnya mengganggu, baru kemudian kita cari tahu apa penyebabnya.

Dengan mengenali jenis dan penyebabnya, maka kemungkinan kita menemukan cara atau obat terbaik untuk jerawat dengan lebih tepat..

Jenis Jerawat dan Penyebabnya:

1. Jerawat Biasa
Tampilan dan bentuk dari jerawat jenis biasa atau yang biasa disebut dengan jerawat klasik ini sangat mudah untuk dikenali yaitu benjolan kecil dikulit yang berwarna sedikit kemerahan atau merah muda. Penyebab umum dari jerawat jenis ini adalah stres, faktor hormonal dan udara lembab yang menjadi pemicu bagi kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri dibagian tersebut. Akibatnya pori-pori kulit tersumbat karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri tersebut.

2. Jerawat Batu
jerawat batuIstilah ilmiah dari jerawat jenis ini adalah : Cystic Acne. Bentuknya cukup besar, dengan benjolan yang disertai dengan peradangan. Jerawat batu ini biasanya tersebar hampir di seluruh bagian wajah, sangat berbeda sekali dengan jerawat biasa yang biasanya hanya terdapat di salah satu bagian wajah saja. Jerawat batu ini sering membuat orang yang menderitanya merasa kehilangan percaya diri karena raut wajah yang terkesan sangat tidak menarik. Biasanya jenis jerawat batu ini timbul karena faktor genetik ataupun keturunan

3. Komedo
Jerawat dengan jenis komedo adalah jerawat yang terdiri dari dua macam, yaitu :

  • Komedo yang terbuka, jerawat jenis ini akan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (titik yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).
  • Komedo yang tertutup, jerawat jenis ini memiliki bentuk kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga akan terlihat seperti sebuah benjolan putih kecil-kecil di bawah permukaan kulit.

Demikianlah informasi tentang jenis-jenis jerawat dan penyebabnya. Semoga membantu….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan