Langsung ke konten utama

Manfaat Vitamin K

Kalau mendengar tentang vitamin K, saya yakin anda pernah. Tapi tahukah anda apa manfaat atau fungsi vitamin K bagi tubuh kita? Memang agak jarang rasanya kita mendengar tentang vitamin yang satu ini. Tidak tahu mengapa, mungkin karena kemudahan kita mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin K, sehingga jarang terjadi defisiensi vitamin K, maka keberadaannya dianggap bukan masalah.

Apa itu vitamin K?

Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang terdapat di lemak serta makanan yang mengandung minyak. Dan vitamin ini hanya bisa diproses empedu saja. Hal ini dikarenakan vitamin K tidak bisa menyatu dengan air atau larut.

Manfaat Vitamin K

  • membantu proses dari pertumbuhan tulang, terutama untuk bayi, anak dan remaja
  • mempercepat proses pembekuan darah bila terjadi luka di tubuh dan mengeluarkan darah. Sehingga bila kita terkena luka dan darah yang mengucur tidak cepat membeku, maka sering dijadikan pertanda bila kita kekurangan vitamin K. Dan bila pendarahan tersebut sering terjadi bisa menimbulkan akibat yang lain, yaitu kekurangan darah atau anemia.
  • mengobati penyakit kanker.
Beberapa hasil penelitian kesehatan menunjukan, bila vitamin K dikonsumsi melebihi dosis yang diperlukan oleh tubuh akan mengakibatkan efek yang lain yaitu proses penyembuhan penyakit kanker jenis tertentu bisa menjadi lebih cepat.
Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah dan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang bersama kalsium dan vitamin D. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan yang sulit membeku. sumber: Anne Ahira
Bayi yang baru lahir sangat mudah mengalami perdarahan karena sistem pencernaan bayi yang baru lahir masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K sementara air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Untuk itu bayi diberi sejumlah vitamin K saat lahir untuk mencegah kekurangan vitamin K.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan