Macam-macam Vitamin K

Macam-macam Vitamin K | Meskipun pada umumnya orang hanya mengenal vitamin satu ini dengan satu sebutan saja, “K”, namun sebenarnya dia terbagi menjadi beberapa macam. Setidaknya ada 3 jenis vitamin K, penyebutannya juga hanya dengan menambahkan angka 1 sampai 3 dibelakang huruf K. Jadi ada Vitamin K1, K2, dan K3. Untuk mengetahui lebih jauh, mari kita uraikan satu per satu masing-masing.

Macam Vitamin K dan Sumbernya

1. Vitamin K1 (phylloquinone, aka phytonadione)
Vitamin K1Vitamin K1 banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, sawi, lobak hijau, asparagus, kacang hijau, oregano, kubis, dan selada mentimun.

2. Vitamin K2 (menaquinone)
imageVitamin ini diproduksi oleh bakteri baik yang ada dalam usus manusia. Meskipun vitamin ini diproduksi sendiri dalam tubuh, kita juga bisa menemukannya dalam makanan fermentasi seperti, natto (makanan jepang berupa kedelai yang difermentasi, biasanya dimakan bersama nasi sewaktu sarapan), keju, dan yoghurt. Vitamin K2 juga bisa ditemukan dalam produk susu, daging, dan telur.
3. Vitamin K3 (menapthone atau medione)Vitamin ini merupakan vitamin buatan bagi mereka yang tidak mampu menyerapnya dari makanan. Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Banyak dari kita mengurangi asupan lemak untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Ada yang hanya memakan sayuran atau buah.
Karena vitamin ini larut dalam lemak, lemak-lemak ini dibutuhkan agar vitamin K terserap oleh tubuh dengan sempurna. Orang yang menderita anoreksia atau bulimia akan mempunyai vitamin K yang cukup sedikit dalam tubuhnya. Sedikit lemak dalam tubuh Anda tetap diperlukan. sumber: Anne Ahira

1 comments:

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger