Deteksi Dini Kanker Payudara



Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan disamping serangan jantung dan diabetes. Tidak hanya di dunia, kanker juga menjadi mimpi yang menakutkan di Indonesia. Hingga saat ini masih belum ditemukan obat penyembuh kanker. Namun kanker dapat dicegah apabila kita dapat mengetahuinya lebih awal. Hingga saat ini baru ada dua jenis kanker yang dapat dicegah , yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Berikut adalah cara mendeteksi dini kanker payudara:

1.      Sering memeriksa area payudara
Jika sedang mandi atau akan tidur, cobalah untuk meraba area payudara dan pastikan tidak ada benjolan. Benjolan memang tidak melulu kanker, bisa jadi tumor, kelenjar ataupun sekedar urat yang bergerumbul. Jika benjolan di area payudara tidak kunjung menghilang, maka segera periksakan ke dokter.

2.      Payudara sering terasa sakit
Biasanya seorang wanita yang akan menstruasi akan merasakan seluruh tubuhnya menjadi sakit tak tertahankan termasuk payudara. Jika sesudah menstruasi, payudara masih terasa sakit seperti tersetrum maka segera periksakan ke dokter. Rasa sakit pada payudara akan semakin parah apabila telah mengkonsumsi makanan yang mengandung micin atau MSG maka bisa dipastikan gejala tumor atau kanker payudara.

Jika mengalami gejala diatas, maka jangan ditunda lagi segeralah periksa untuk memastikan secara medis. Hindari makan makanan cepat saji, mengandung micin atau MSG serta makanan yang berlemak seperti daging dan ayam. Olahraga secara rutin dan perbanyak minum air putih serta banyak makan makanan yang yang berwarna ungu seperti manggis, terong dan telo ungu. Manggis adalah ratu dari segala buah, maka tidak heran jika manggis selain berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Cara mengkonsumsinya sangat mudah. Kulit manggis dapat dijus dan diberi gula batu agar rasanya lebih enak. Namun apabila kesulitan minum jus maka dapat meminum kulit manggis dengan dimasukkan kedalam kapsul. Demikian dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger