Langsung ke konten utama

Manfaat yang terkandung dalam buah ceremai

Pernah dengar pohon ceremai gak? Saat ini pohon ini agak sulit untuk ditemukan. Dulu pohon ini tumbuh subur di pekarangan. Berhubung sekarang pekarangan pun habis utuk dibangun rumah akhirnya pohon ceremai ini pun juga jarang ditemukan. Buahnya bentuknya seperti blewah tapi ukurannya kecil seperti buah kelengkeng dan berwarna hijau seperti belimbing wuluh. Jadi kita tidak perlu mengupas kulitnya ketika ingin mengkonsumsinya. Dan rasanya juga hampir sama seperti belimbing wuluh, masam.

Ternyata buah ceremai yang masam ini dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit, yakni batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan. Jadi jika ingin diet konsumsi buah ceremai saja. Jika saja semua orang tahu mafaat yang terkandung di dalam buah ceremai ini, mungkin setiap orang akan menanam pohon ceremai di pekarangan rumahnya agar dapat mengambil manfaat dari buahnya.

Inilah beberapa kasiat dari ceremai:
Kulit dan akar pohon ceremai dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma dan sakit kulit.
Sedangkan biji buah ceremai berguna untuk menyembuhkan sembelit dan mual akibat perut kotor.

Beberapa cara penggunaan ceremai untuk pengobatan:

- Sembelit
Siapkan biji ceremai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Saat masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai merata kemudian minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu dinginkan. Hasil seduhan tersebut diminum sekaligus bersama ampasnya.

- Asma
Ambil 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Tunggu sampai dingin kemudian saring, lalu minum dengan air gula secukupnya. Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.

- Kanker
Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai hanya tertinggal 3/4 bagian. Tunggu sampai dingin kemudian saring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

- Melangsingkan badan
Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama, karena efeknya sangat kuat. Minumlah sesekali saja.

Nah itulah tadi beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pohon ceremai. Mulai dari akar,kulit pohon, daun, buah dan bahkan bijinya juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita. Mulailah mencari bibit pohon ceremai dan tanamlah di pekarangan rumah kemudian ambillah manfaat yang luar biasa dari pohon ceremai.
Salam sehat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Untuk Diet Berserat Tinggi

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)