Langsung ke konten utama

Gejala Kolesterol Tinggi


Gejala Awal Kolesterol Tinggi | Sebagian besar orang tidak menyadari jika sebenarnya dia sudah mempunyai masalah dengan tingkat kadar kolesterol yang tinggi dalam darahnya. Yang pada akhirnya menderita penyakit yang berkaitan dengan kolesterol. Sebenarnya ada beberapa ciri-ciri umum yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kolesterol tinggi. Dengan mengetahui gejala kolesterol tinggi ini, setidaknya kita punya alasan untuk pergi ke dokter, atau memaksa seseorang untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena biasanya tanpa alasan yang tepat, seseorang enggan ke dokter. Pernah mengalami to? Biasanya sih orang tua, hehe….
Ok, berikut ini adalah gejala umum kolesterol tinggi:
  • rasa sakit di bagian tengkuk kepala, di bagian belakang dan terasa hingga pundak
  • kaki mengalami pembengkakan
  • mudah sekali lelah dan mengantuk
Apakah tingkat kolesterol yang tinggi menyebabkan kelelahan?
Tidak juga. Kelelahan sebenarnya sudah akibat tidak langsung. Kolesterol menyerang beberapa organ tubuh yang penting, seperti otak, jantung, dan mata. Sehingga efeknya adalah rasa lelah. Jelasnya seperti ini:

Organ tubuh yang diserang kolesterol

Otak
Aterosklerosis menyerang otak, jika ini terjadi, gejala yang mungkin adalah penglihatan hilang sementara, pusing, penurunan keseimbangan, kelemahan, kesulitan bicara atau afasia, mati rasa atau kesemutan. Biasanya, kesemutan ini hanya terjadi pada satu sisi saja.
Jantung
Jika terjadi serangan jantung atau iskemia, gejala yang mungkin adalah kesulitan bernafas, penglihatan buram, nyeri dada, pusing, kecemasan ekstrim, mual, muntah, mulas dan gangguan pencernaan lain, detak jantung tidak teratur dan cepat, sesak napas, merasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas, dan keringat dingin serta kelemahan yang sudah dalam tahap lanjut dan ekstrem.
Mata
Kondisi di mana terjadi kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Berkaitan dengan gejala pada mata, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab selain karena gejala lain seperti serangan jantung yang sebelumnya sudah disebutkan bahwa akan mengakibatkan penglihatan buram.
Nah, gejala umumnya adalah timbunan bahan kekuningan karena kadar kolesterol atau xanthomata, bercak kuning di kelopak mata atau xanthomata palpebrabum, warna kornea tak lagi hitam melainkan abu-abu putih, dan lain-lain.
Saat gejala-gejala di atas terjadi pada anda, berarti sudah saatnya anda harus segera melakukan pemeriksaan laboratorium atau mulai meminum obat penurun kolesterol yang terbaik untuk pencegahan.
Untuk Anda ketahui, kandungan kolesterol normal dalam darah adalah 160 hingga 200 mg. Jika Anda kolesterol sudah di atas 240, maka Anda patut waspada penuh. Karena ini bisa menyebabkan stroke.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)

Ciri Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan