Langsung ke konten utama

Penyebab kulit ketiak menjadi gelap

Banyak wanita yang mengeluh karena memiliki ketiak yang hitam. Dan akhirnya mereka mencari cara untuk mencerahkan kulit ketiak mereka yang gelap. Kulit ketiak tidak mungkin akan menjadi gelap dengan sendirinya, tentu saja ada beberapa faktor penyebabnya. Karena ketika masih kecil tidak ada anak yang mempunyai kulit ketiak gelap atau hitam. Mereka baru memilikinya ketika beranjak remaja atau dewasa. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ketiak tidak menghitam dengan sendirinya melainkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Bagaimana dengan ketiak anda?

Mari kita lihat faktor apa sajakah yang menyebabkan ketiak menjadi hitam;

1 . Bercukur

Ketika seseorang menggunakan pisau cukur untuk mencukur,  maka orang tersebut akan mencukur rambut tepat di bawah permukaan kulit. Hasil dari bercukur ini ternyata tidak sedap dipandang, karena memberikan ilusi ketiak yang gelap. Hal yang sama terjadi pada cream penghilang rambut seperti Anne French atau Veet. Keduanya juga menghilangkan rambut di permukaan saja, yang akhirnya membuat ketiak terlihat lebih gelap. Faktanya bahwa hasil mencukur juga akan memperbesar masalah. Sebaiknya, cobalah wax karena ini menghilangkan rambut sampai akarnya.

2 .  Sel yang telah mati

Ketiak yang hitam kemungkinan hasil dari kumpulan sel - sel yang telah mati di ketiak. Yang harus dilakukan adalah angkat kulit mati tersebut dengan lembut, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan scrub dan menggunakan asam susu laktat.

3 . Menggunakan deodorant dan Antiperspirant yang berlebih

Banyak teori menyebutkan bahwa zat kimiayang kerasyang terdapat dalam deodorant  dapat menjadi salah satu alasan penyebab ketiak yang gelap. Hal ini menyebabkan terjadinya pigmentasi yang akhirnya dapat menghasilkan ketiak yang hitam dan permanen. Untuk merubahnya, gunakan deodorant untuk kulit yang sensitif atau ganti dengan menggunakan metode alami yang berkaitan dengan bau badan.

4 . Pergesekan

Terkadang, ketika seseorang suka memakai baju yang ketat setiaphari, pergesekan antara bahan baju dan ketiak dapat menyebabkan ketiak menghitam. Untuk membalikkan kerusakannya, ganti ke baju yang lebih longgar dengan bahan yang dapat membuat kulit bernafas dengan mudah. Pada dasarnya, lemak yangq berkumpul di ketiak bergesekan dengan kain dan menyebabkan kulit menghitam. Menurunkan berat badan juga akan menolong.

5 . Faktor keturunan

Terkadang, faktor keturunan dapat menjadi penyebab hitamnya ketiak. Hal ini bisa terjadi karena berat badan yang berlebih, faktor hormon yang menyebabkan pigmentasi atau bahkan penggunaan pil KB. Dalam masalah seperti ini, kunjungi dokter untuk mendapatkan nasehat profesional jika masalah yang terjadi semakin berat dan lebih dari sekedar kulit ketiak yang gelap.

6 . Diabetes

Apa yang banyak orang tidak sadari adalah diabetes juga menyebabkan pigmentasi, menyebabkan kulit ketiak yang gelap. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mempertahankan tingkat insulin yang optimal dan mencoba pengobatan secara alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Buah Untuk Diet Berserat Tinggi

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)