Tips Memilih Kosmetik Yang Aman

Cara aman memilih kosmetik | Dengan adanya berita bahwa BPOM melarang beberapa produk kecantikan pada beberapa bulan lalu, dan kenyataan bahwa hampir setiap tahun BPOM melakukan itu, kiranya kita harus sadar bahwa ternyata ada banyak sekali produk kosmetik yang tidak aman kita pakai. Tidak aman karena banyak yang mengandung bahan berbahaya bagi kulit dan kesehatan kita pada umumnya.

Terus apakah harus menghentikan penggunaan produk kosmetik? Tentu tidak juga. Hanya saja, kita harus berhati-hati memilih produk kosmetik itu. Tidak hanya karena iklan yang gencar dengan model yang cantik-cantik lalu anda serta merta membeli produk itu tanpa melakukan pertimbangan apapun.

Nah, berikut ini ada beberapa tips supaya aman memilih kosmetik

Sesuaikan dengan gender

Dulu memang yang namanya kosmetik itu ya untuk perempuan. Namun seiring perkembangan jaman, saat ini juga banyak beredar kosmetik yang khusus untuk para pria. Kebanyakan sih produk untuk pembersih muka dan penghilang jerawat. Nah, jangan sembarangan. Jika itu produk untuk perempuan ada baiknya kamu cari padanannya yang khusus untuk pria.

Perhatikan Usiamu

Kulit manusia itu berubah seiring pertambahan usianya. Perawatannya juga berbeda. Maka kosmetiknya juga berbeda. Jika kamu masih remaja, ya jangan memaksa pakai make up mamamu meski make up-mu sendiri habis.

Jika usiamu di bawah 25 tahun lebih baik pilihlah produk yang mampu mengontrol minyak berlebih. Sedangkan, untuk orang dewasa di atas 25 tahun sangat dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung antioksidan dan retinoid guna mencegah penuan dini.

Perhatikan jenis kulitmu

Untuk mengetahui jenis kulitmu, ada baiknya untuk mengunjungi dokter kulit terdekat segera. Memangnya harus? Tentu saja ini adalah suatu keharusan karena jika kamu memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, ada kemungkinan besar kulit akan ditumbuhi jerawat, mengalami iritasi, gatal-gatal, kemerah-merahan, dan bahkan terkena kanker kulit.

Lihat izin produksi dan tanggal kadaluarsa

Maraknya produk-produk perawatan kulit palsu di pasaran mengharuskan kamu untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam membeli produk. Selain melihat kemasan produk untuk mengetahui kualitas produk, lihatlah izin produksinya. Pastikan izin tersebut dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk. Bisa bahaya jika kamu sampai menggunakan produk kadaluarsa!

Cek bahan-bahan produk

Hal terakhir yang jangan sampai kamulewatkan adalah mengecek bahan-bahan produk. Pastikan bahwa tidak ada bahan-bahan kimia berbahaya, seperti parabens, phthalates, merkuri, triclosan, propylene glycol, dan petroleum yang terkandung di dalam produk. Memilih produk dengan bahan dasar alami sangat disarankan.

Nah, sekarang kita berharap, tidak sampai keliru memilih produk kosmetik yang aman dan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Biar tambah cantik, bukan menor, hehe ….

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger