Langsung ke konten utama

Olah Raga Untuk Mengecilkan Perut

Olah Raga Untuk Mengecilkan Perut | Perut kamu besar? Perut yang ideal memang semakin sulit kita dapatkan sekarang. Sepertinya, penyebab utama sulit memiliki perut yang ramping dan rata, meskipun tidak six pack, adalah karena makanan (jenis dan porsinya), gerak tubuh yang kurang, dan usia. Khusus yang terakhir, kiranya layak diperhatikan bahwa jumlah penderita obesitas dari kalangan anak-anak dan remaja, kian memprihatinkan.

Beberapa orang mengeluh, bahwa mereka merasa percuma sudah melakukan diet, tapi tetap perut mereka buncit. Beberapa juga mengaku sudah berolah raga. Hasilnya? Sama saja. Hmmm, jangan-jangan jenis olah raga yang mereka lakukan tidak efektif untuk mengurangi lingkar perut dan pinggang?

Sebenarnya, olah raga apa yang cocok untuk mengecilkan perut?

Yang perlu diingat adalah, perut kecil, ramping, dan rata, itu tidak identik dengan kurus. Kalau cuman mau kurus, ya diet saja. Atau suntik lemak, akupunktur dan sejenisnya, yang biayanya mahal itu. Yang akan kita cari di sini, adalah perut yang rata, ramping, indah, dan sehat. Hmmm…, agak ndak enak nih. Yupz! Olah raga.

perut ramping

Harus ke gym tidak? Tidak perlu. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Lebih asyik kalau dilakukan bersama anggota keluarga yang lain. Dengan kakak, adik, ibu, atau bapak sekalian. Efeknya, nanti bisa saling mengingatkan, membantu proses, dan menyemangati. Meski juga bisa jadi saling melemahkan. Haha…

Ok, inilah olah raga yang sesuai untuk mengecilkan perut:

  • Sit Up
    Sit up merupakan gerakan mengangkat tubuh bagian atas dari posisi telentang ke atas dengan menggunakan otot perut. Sebagai variasi, Anda bisa menggabungkan dengan crunche, yaitu mengangkat tubuh bagian sebanyak 30° dari posisi awal sudah cukupke arah kiri dan kanan secara bergantian.
  • Push Up
    Push up merupakan cara ampuh membakar lemak tubuh. Belum mampu push up dengan tumpuan ujung kaki? Anda bisa mencoba push up dengan lutut sebagai tumpuan. Seiring bertambahnya kekuatan tangan, Anda dapat mencoba melakukan push up dengan ujung kaki sebagai tumpuan untuk hasil workout yang lebih baik dan lebih cepat.
  • Squat
    Squat merupakan gerakan duduk di kursi bayangan. Ketika melakukan squat, Anda akan menggerakan tubuh naik-turun dengan kaki sebagai tumpuan. Untuk permulaan, Anda dapat melakukan squat sebanyak 50x. Bagi yang tidak terbiasa melakukan gerakan ini, Anda mungkin mengalami sakit pada kaki bagian pada hari-hari awal workout.

Untuk awal, jangan terlalu dipaksa ya…, pelan-pelan, kemudian bisa ditambah jumlahnya ketika tubuh bisa menyesuaikan diri dengan gerakan tersebut. Jangan lupa, sebelum melakukannya, pemanasan dahulu. Bisa dengan meregangkan otot-otot yang sekiranya nanti akan digunakan untuk Sit Up, Push Up, atau Squat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Buah Untuk Diet Berserat Tinggi

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)