Langsung ke konten utama

Mengurangi Mata Minus Dengan Bahan Alami

Miopia atau mata minus adalah keadaan di mana mata kesulitan atau tidak dapat melihat dengan jelas benda atau objek dari jarak jauh. Jauh dekatnya ini bersesuain dengan tingkat minus-nya mata. Jika anda memakai kaca-mata minus, tentu mengerti maksudnya, betapa tidak nyamannya menderita mata minus. Semua yang berjarak tertentu terlihat kabur, sulit mengenali orang kecuali orang tersebut berbicara, sering dianggap sombong tidak mau menyapa padahal karena tidak bisa mengenali orang. Hehe…. Lalu, adakah cara mengurangi mata minus dengan bahan alami yang aman?

Sebelumnya, kita cermati dahulu, bagaimana miopia ini terjadi. Penyebab mata minus adalah adanya gangguan pada lensa sehingga bayangan jatuh jauh di depan retina atau di belakang retina. Hloh? Kog bisa? Hal ini terjadi karena lensa lebih cekung atau lebih cembung dari keadaan normal.

Bagaimana cara mengatasinya?

Yang paling umum dan malah menjadi bagian dari mode adalah dengan mengenakan kaca mata minus yang disesuaikan dengan jumlah minusnya. Jumlah minus semakin lama dapat bertambah pada beberapa orang sehingga membuat lensa kacamata menjadi semakin tebal.

Kalau yang agak mahal, sekarang sudah banyak yang memakai, mengurangi mata minus dengan laser. Laser digunakan untuk menipiskan lensa sehingga bila lensanya cekung, maka lama-kelamaan akan sedikit tidak cekung.

Kalau yang ringan-ringan, anda bisa mencoba dengan melatih kontraksi otot supaya tertarik sehingga lebih lebar dan tidak terlalu cembung.

kaca mata tebal

Kalau bahan alami untuk mengurangi mata minus ada tidak?

Ada kog. Kita harus mencari bahan-bahan alami yang bisa berfungsi untuk memengaruhi fungsi otot atau memperbaiki lensanya. Misalnya fungsi otot diperbaiki dengan memperbanyak unsur-unsur kalium. Kalium berperan penting dalam kontraksi otot. Unsur kalium dapat diperoleh dari pisang, kurma, dan alpukat. Selain itu, dilakukan pula perbaikan sirkulasi darahnya dengan mengonsumsi pegagan dan bawang putih.

Pisang dan daun pegagan

Sedangkan untuk memperbaiki mata minus dan memperbanyak asupan kalium, disarankan makan pisang minimal sebanyak 4 buah sehari yaitu 2 buah pisang di pagi hari dan 2 buah pisang lagi di sore hari. Sedangkan untuk pencegahan, cukup makan 2 buah pisang sehari.

Jus Wortel

Cara lainnya adalah dengan minum jus wortel 2 gelas per hari. Untuk mengatasi mata minus dengan pegagan adalah rebus 10 lembar pegagan, kemudian airnya diminum segelas. Sementara untuk bawang putih, caranya adalah dengan memasukkan 3 siung bawang putih pada pagi hari, 3 siung bawang putih pada siang hari, 3 siung bawang putih pada sore hari, ke dalam makanan. Fungsinya adalah untuk menambah kalium supaya kontraksi otot lensa lebih baik.Saat lensa berkontraksi maka akan berdampak lensa menjadi lebih cekung karena mata yang minus lensanya agak cembung.

Bila otot diperbaiki, lensa dicegah supaya tidak keruh, sirkulasi darah diperbaiki, dan rangsangannya bagus, maka secara perlahan-lahan mata minus akan membaik. Tetapi, tidak menjamin mata akan hilang minusnya kecuali ototnya bagus dan rangsangan juga bagus.

Bahan alami hanya dapat mengurangi jumlah mata minus, namun tidak menghilangkan masalah mata minus secara keseluruhan,. Tetapi, bila keadaan mata minusnya masih ringan, maka mata dapat kembali normal.

Supaya mata tidak minus?

Kesehatan mata kita, sangat tergantung dari bagaimana kita merawat dan menggunakannya. Nah, supaya mata kita lebih sehat, dan lebih lama dapat di optimalkan, sebaiknya:

  • lakukan olah raga untuk mata dengan teratur
  • jangan menonton tv terlalu dekat
  • jangan memaksa membaca dalam gelap atau dalam kendaraan yang sedang berjalan
  • beristirahat sejenak setelah bekerja dengan komputer setelah 15 menit
  • makan makanan yang sehat
  • beristirahat yang cukup

Hehe, semoga mata anda tidak sampai minus. Beneran, pakai kaca mata itu melelahkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Cara Menghilangkan Keloid

Makanan Yang Menaikkan Trombosit