Bagaimana Cara Mengingat Mimpi

Bagaimana Cara Mengingat Mimpi | Mimpi itu bunga tidur, jadi untuk apa diingat-ingat? Mungkin begitu respon anda membaca judul posting ini. Cara yang akan disampaikan di sini juga tidak akan membuat anda begitu melakukannya lantas esok paginya anda akan bisa mengingat semua mimpi anda malam nanti. Tidak.

Mengapa mimpi harus diingat?

Tidak ada kata harus di sini. Cuman mengobati rasa penasaran saja, mengapa kita bisa ingat sebuah mimpi sampai detail sekali, namun di saat yang lain, kita tahu kita bermimpi, tapi begitu mata terbuka, melipat selimut, dan keluar dari ruang tidur langsung hilang itu detail mimpi yang kita alami. Atau mungkin bagaimana seseorang pernah menceritakan mimpinya dengan begitu detail sampai pernik-perniknya. Apakah dia cuman mengarang saja cerita dalam mimpinya itu? Atau detail mimpi itu dia tambahkan sendiri sehingga bisa lebih nyata dari kenyataan? Hmmm, itu lebih mungkin tampaknya. Statistiknya, dalam setiap 1 menit percakapan yang intens, minimal ada 3 kebohongan yang dikeluarkan. Begitukah?

Faktanya

MimpiAda sebuah studi yang dilakukan Lyon Neuroscience Research Center di Lyon, Perancis, yang menemukan bahwa orang yang lebih mudah mengingat mimpinya adalah orang yang lebih sering terbangun dari tidur malamnya. Biasanya mereka ini memiliki respon yang lebih kuat terhadap suara nama mereka sendiri, baik ketika sedang terlelap tidur atau ketika sedang terjaga. Jadi buat anda yang sulit bangun meski alarm berjarak kurang dari 30 cm dari kepala anda, hmmmm, rasanya memang akan sulit untuk bisa lebih banyak mengingat mimpi.

Para peneliti dalam studi ini meminta 36 orang remaja tidur di laboratorium untuk satu malam dan menghubungkannya ke sensor EEG selama mereka tertidur, mereka diminta untuk mendengarkan ear phone yang memainkan rangsangan suara yang berbeda dan memiliki interval jarak, termasuk rekaman suara pria yang mengucapkan nama depan mereka, serta nama depan orang yang tidak dikenal.

Setengah dari subjek memiliki recaller yang rendah, yang berarti mereka hanya mengingat mimpi sekali atau dua kali dalam sebulan, dan setengahnya lagi memiliki recaller yang tinggi, ini berarti mereka mengingat mimpinya hampir setiap hari. Nama depan yang dipilih sebagai stimulus karena ini adalah suara yang kompleks, yang tampaknya orang menunjukkan respon besar untuk itu.

Kesimpulan yang diambil Perrine Ruby, penulis utama dari studi itu bersama tim-nya adalah:

  • dalam merespon nama depan, recaller yang tinggi dan rendah menghasilkan gelombang yang berbeda.
  • Recaller yang tinggi tampak jauh lebih reaktif terhadap lingkungan. Recaller yang rendah tampak lebih resisten (terhadap suara yang mengganggu).
  • Reaktivitas yang tinggi ini dapat dikaitkan dengan mengapa orang yang memiliki recaller tinggi terbangun lebih sering selama tidurnya, ini adalah sebuah proses yang mungkin menjelaskan mengapa mereka lebih mengingat di pagi hari.
  • Ada hipotesis yang kuat bahwa terbangun selama tidur memfasilitasi mimpi dalam memori.

Temuan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan fungsi otak antara orang yang mengingat mimpinya dan mereka yang tidak. Namun bukan berarti yang satu lebih buruk dari yang lain. Ini bukan mengenai mana yang lebih baik atau buruk, ini hanyalah perbedaan cara dalam pengolahan informasi. Cara pemrosesan yang berbeda ini tampaknya memfasilitasi atau mendefasilitasi produksi mimpi atau memori. Nah, apakah Anda termasuk orang yang selalu mengingat mimpi Anda atau sebaliknya?

Jadi, jika Anda ingin mengingat mimpi Anda, cobalah untuk mendengarkan sesuatu seperti musik yang pelan ketika Anda akan tidur. Dengan begini, Anda akan mengetahui apakah Anda tergolong kelompok dengan recaller tinggi atau rendah. Mungkin di masa depan, kita tidak hanya dapat mengetahui bagaimana caranya mengingat mimpi. Bisa saja para peneliti menemukan alat canggih yang dapat merekam mimpi kita beberapa tahun mendatang. Kemudian mimpi tersebut akan dapat dijadikan sumber imajinasi yang dapat digunakan untuk menemukan hal-hal baru lainnya. Seperti yang sering kita dengar, banyak hal-hal baru yang diciptakan berawal dari mimpi dan imajinasi. Siapa yang bisa menduga jika nantinya mimpi kita bisa menciptakan sesuatu yang berguna untuk banyak orang.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger