Langsung ke konten utama

Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Inilah tips menjaga berat badan saat liburan. Salah satu yang bisa menggagalkan diet anda adalah liburan. Harus diakui, pada waktu liburan, sangat sulit untuk menjaga pola makan. Makan tidak teratur dan kecenderungan untuk menggantungkan diri pada makanan cepat saji yang mudah di dapat dimanapun membuat diet dengan mudah berantakan. Alhasil, upaya diet yang dilakukan menjadi mubazir. Nah, supaya tidak keterusan, berikut ini adalah tips menjaga berat badan selama liburan dari Cheryl Forberg, RD, ahli nutrisi dari Omni Hotels & Resort.

Hindari makanan dari bandara. Ya, keinginan untuk makan saat Anda sedang berada di dalam pesawat ternyata cukup besar. Makanan yang ditawarkan oleh awak pesawat memang membuat Anda sulit menolaknya.

image“Pilihlah sandwich yang berisi sayuran dan dibubuhi buah alpukat di dalamnya, daripada dilapisi saus krim atau mayones. Atau pilih menu salad, karena makanan tersebut dapat mempertahankan suhu tubuh Anda dari keinginan mengonsumsi makanan manis atau cemilan. Pilih minuman susu kedelai ketimbang soft drink,” ujar Cheryl.

Bawa sepatu olahraga. Jika Anda ketinggalan sepatu lari Anda, tanyakan pada hotel tempat Anda menginap. “Banyak hotel yang meminjamkan sepatu fitnes beserta pakaiannya untuk aktivitas olahraga yang ingin dilakukan oleh penghuninya,” kata Cheryl.

Pilihlah buah-buahan. Di setiap kamar hotel biasanya juga tersedia kulkas kecil. Nah, manfaatkan kulkas tersebut untuk menyimpan buah-buahan. Hal ini agar Anda lebih memilih cemilan buah daripada soft drink, cokelat, dan makanan manis lain.

Tetap pilih menu sehat. Cari tahu restoran atau tempat makan yang menyediakan menu sayuran di lokasi Anda berlibur. Hal ini agar Anda tetap mengonsumsi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. “Jika tidak sempat mencari restoran (yang baik), Anda juga bisa meminta layanan hotel untuk memasak menu sehat sesuai dengan kebutuhan Anda,” ujar Cheryl.

Instal aplikasi di gadget Anda. Menggunakan aplikasi gadget mengenai lokasi berlibur Anda akan memudahkan Anda menemukan tempat makanan atau supermarket yang menjual menu-menu sehat. “Memanfaatkan aplikasi yang tersedia di gadget juga akan memudahkan Anda untuk mengekplorasi lebih jauh lokasi liburan Anda,” tambah Cheryl.

Pilih jalan kaki. Salah satu kesenangan pada saat berlibur adalah mengeksplorasi tempat-tempat di lokasi liburan Anda. Nah, daripada menggunakan kendaraan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, coba ubah hal itu dengan berjalan. “Dengan berjalan, Anda dapat membakar kalori lebih banyak, sekaligus bisa menikmati pemandangan sekitar lebih nikmat,” ujar Cheryl.

Ingatlah untuk memanjakan diri. Tentu saja! Memanjakan diri dengan makanan penting adanya. Tapi ingat, makanan yang masuk harus pula seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Jadi, seimbangkan semua aktivitas Anda agar liburan tetap sehat dan berat badan terjaga. sumber: Kompas Female

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Buah Untuk Diet Berserat Tinggi

Askep Demam Berdarah / Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)