Langsung ke konten utama

Manfaat Buah Anggur

Ingin tahu manfaat buah Anggur untuk kesehatan? Tanaman merambat yang satu ini mulai dibudidayakan sejak sekitar 4000 SM, tapi mulai diolah oleh bangsa Mesir menjadi minuman setelah 2500 SM. Tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah Anggur mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, senyawa anti oksidan yang ada di dalam buah anggur mampu menangkal radikal bebas.

Menurut The George Mateljan Foundation, Anggur mengandung nilai gizi yang sangat luar biasa. Tiap 100 gram anggur paling tidak mengandung 25 komponen gizi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral dalam anggur yang bermanfaat bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak serta pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Buah Anggur juga mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut diketahui mampu menghambat berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam anggur itu diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

AnggurKandungan vitamin C, B6, K, dan B1 dalam anggur juga tinggi, dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. vitamin B6 sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.

Kulit anggur pun memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membuat kita awet muda dan mencegah kanker.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh Anggur:

1. Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

10. Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Cara Menghilangkan Keloid

Makanan Yang Menaikkan Trombosit