Langsung ke konten utama

Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi

Sedang mencari informasi tentang makanan sehat untuk penderita darah tinggi? Apakah anda atau keluarga anda adalah penderita darah tinggi alias hipertensi? Memang gampang-gampang susah bagi penyandang hipertensi untuk urusan makanan. Salah makan sedikit saja bisa berakibat serius pada tekanan darah kita. Belum lagi resiko mengalami gangguan kardiovaskuler seperti gagal jantung bahkan kematian mendadak. Hipertensi disinyalir bertanggungjawab atas 7,1 juta kematian pertahun di seluruh dunia. Itu sebabnya penyandang hipertensi harus berupaya untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat Untuk Penderita Darah TinggiSusahnya adalah biasanya sangat sulit bagi penderita darah tinggi untuk bisa mendapatkan kembali tekanan darah yang normal. Salah satu hal terpenting demi menjaga tekanan darah itu adalah dengan secara ketat mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita darah tinggi seperti berikut ini:

Jus seledri
Orang China sudah lama menggunakan jus seledri untuk tekanan darah tinggi. Minum jus seledri 2-3 gelas perhari dapat mencegah tekanan darah tinggi atau mengembalikan tekanan darah ke level normal. Sebagai tambahan, seledri juga bagus untuk orang dengan penyakit asam urat.

Ikan
Di antara semua produk hewan, ikan paling menyehatkan, tinggi protein dan rendah lemak. Kandungan asam lemak omega-3 membantu mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah, mengurangi peradangan dan mencegah tekanan darah tinggi. Minyak flaxseed, semisal minyak ikan. Kaya akan asam lemak omega-3 untuk mencegah plak pada pembuluh darah.

Minyak Zaitun
Sejak lama digunakan dalam diet ala Mediterania dan menunjukkan manfaat terhadap lemak darah dan menurunkan tekanan dalam masakan maupun salad. Sehingga Minyak zaitun bisa mencegah stroke.

Buah dan sayuran aneka warna
Dua item ini "wajib" dikonsumsi oleh orang hipertensi setiap hari.

Ketimun
Buah berair banyak ini membantu hidrasi tubuh dan menurunkan tekanan pada pembuluh nadi. Makanlah dua buah timun setiap hari selama 2 minggu dan lihat hasilnya. Baca juga manfaat dan khasiat mentimun lainnya.

Cuka apel
Selama puluhan tahun, cuka apel yang di dapat dari fermentasi buah apel diklaim mampu mengobati berbagai penyakit, diantaranya mengencerkan darah dan menurunkan tekanan darah.

Pada pagi hari saat perut masih kosong, minumlah segelas air hangat yang dicampur 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok madu secara teratur. Ini bertujuan melancarkan pencernaan agar tidak kesulitan buang air besar (bab). Pasalnya, susah bab bisa membuat jengkel dan emosi sehingga memicu tekanan darah tinggi.

Nah, diatas itu beberapa makanan sehat untuk penderita hipertensi. Kalau untuk makanan tidak sehatnya ada lebih banyak lagi. Yang jelas, penderita darah tinggi harus menghindari garam, gula pasir murni, kopi dan alkohol. Pastikan istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan psikologis anda juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Cara Menghilangkan Keloid

Makanan Yang Menaikkan Trombosit