Langsung ke konten utama

Zat Pewarna Rambut Bisa Sebabkan Kanker

Zat Kimia Pada Pewarna Rambut Menjadi Penyebab Kanker. Apapun alasan anda untuk mewarnai rambut, entah karena sudah mulai beruban atau sekedar ingin memiliki rambut dengan warna berbeda, sebaiknya mulailah berhati-hati untuk mewarnai rambut. Pewarna rambut menggunakan zat kimia untuk mengubah pigmen warna rambut anda. Itulah yang baru-baru ini dinyatakan oleh para ilmuwan di Inggris.
Para ilmuwan itu mengingatkan bahwa zat kimia dalam pewarna rambut permanen dapat bereaksi dengan polutan di udara dan bersifat sangat berbahaya.
mewarnai rambutBahan kimia berbahaya itu disebut sebagai Amina Sekunder yang bisa masuk ke dalam kulit dan menetap di rambut selama seminggu sampai sebulan setelah cat rambut digunakan.
Amina Sekunder inilah zat kimia yang bisa menjadi penyebab kanker. Zat kimia ini sendiri tidak hanya terkandung dalam pewarna rambut yang lazim digunakan di salon saja, tetapi juga cat rambut rumahan.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa si Amina Sekunder ini bisa bereaksi dengan asap tembakau dan polutan lain di udara. (Mail Online, Rabu, 20 Februari 2013. Reaksi yang terjadi ini kemudian membentuk satu senyawa penyebab kanker yang sangat berbahaya, yang disebut sebagai N-nitrosamin.
Setelah pewarna dioleskan ke rambut, amina sekunder akan menembus kulit kepala. Bahkan, bahan itu bakal tetap melekat di rambut selama berminggu-minggu hingga bertahun-tahun.
Menurut Dr Emma Meredith dari Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association, penggunaan amina sekunder telah dilarang. Sebab dapat menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya.
Sedangkan George Hammer, pemilik salon kecantikan dan rambut terbesar di dunia, Urban Retreat, menyatakan, isu ini telah disembunyikan dengan rapat oleh perusahaan kimia. Sebab mereka lah yang memiliki kepentingan besar dalam hal ini.
Saya kira kita bisa menyimpulkan dengan sederhana, bahwa tetap lebih baik kita merawat rambut secara alami untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan efek dari bahan kimia yang terkandung. sumber: Laurencius1





Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Cara Menghilangkan Keloid

Makanan Yang Menaikkan Trombosit