Langsung ke konten utama

Makanan Yang Mengandung Vitamin K

Ingin tahu daftar makanan yang mengandung vitamin K? Seperti juga vitamin yang lain, tubuh kita tidak bisa memroduksi sendiri vitamin ini. Padahal manfaat vitamin K sangat penting untuk kesehatan dan kelancaran metabolisme tubuh. Maka, kita perlu konsumsi makanan yang mengandung vitamin K.

Sederhananya, makanan yang mengandung vitamin K adalah kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan kuning telur.
Kedelai. Untuk kacang-kacangan, saya kira anda pasti kenal dengan kedelai. Tahu dan tempe adalah produk olahan paling umum dari kacang kedelai. Meski terkadang membosankan, saking seringnya, tapi karena tahu dan tempe bisa diolah menjadi beragam makanan, saya kira anda tidak akan mengalami kesulitan mendapatkan vitamin K dari kedelai. Selain menjadi kedua makanan favorit masyarakat Indonesia tersebut, kedelai juga bisa diolah menjadi susu kedelai. Yang ini lebih nikmat lagi.
Kacang tanah. Kacang yang sering disalahkan menjadi penyebab jerawat ini ternyata sangat bagus sebagai makanan sumber vitamin K. Kalau anda khawatir dengan efeknya yang menghasilkan jerawat, maka jangan menikamti kacang tanah yang digoreng, coba dijadikan selai saja. Itu lebih aman.
sayuran hijau vitamin KSayuran berwarna hijau. Cobalah mengkonsumsi bayam, kangkung, daun singkong, dan sayuran lain yang berwarna hijau. Mereka ini sumber vitamin yang baik. Kecuali anda menderita penyakit tertentu yang melarang anda memakan sayur-sayuran tersebut. Kalau bosan, ya jangan cuman direbus terus dimakan dengan sambal, masakan Indonesia kan bervariasi, dan sangat banyak jenis makanan yang menggunakan sayuran hijau itu menjadi bahan utamanya.
Kuning telur. Meski memang agak susah ditelan karena sifatnya yang kesat, kuning telur adalah makanan sumber vitamin A hewani yang sangat bagus.
Bagaimana? Banyak to sumber vitamin K dari makanan kita sehari-hari? Maka, sebenarnya agak aneh kalau sampai kita mengalami defisiensi vitamin K. Lagipula, vitamin K akan tetap ada meski dalam pemanasan. Tidak perlu khawatir kehilangan kandungan vitamin K setelah memasak sayuran. sumber: Anne Ahira
Jangan Berlebihan
Beberapa akibat yang bisa timbul karena kelebihan vitamin K adalah  adalah timbulnya keluhan mati rasa dan kesemutan. Kasus terlalu banyak konsumsi vitamin K biasanya terjadi pada mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin K, bukan dari sumber vitamin K yang alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Kopi Hitam

Cara Menghilangkan Keloid

Makanan Yang Menaikkan Trombosit