Tips Menyiapkan Bekal Anak Sekolah

Tips Menyiapkan Bekal Anak Sekolah | Anak-anak kini sudah kembali bersekolah. Untuk menyemangati mereka, tak ada salahnya untuk membawakan mereka kotak makan siang lezat buatan Anda. Hanya saja, pastikan untuk menyediakan makanan yang sehat agar mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Berikut beberapa tip untuk mempersiapkan bekal makanan anak yang bernutrisi dan lezat.  Sumber: Kompas

1. Jenis makanan

Kellie Bilinski, juru bicara Dietitian's Association of Australia mengungkapkan bahwa setiap anak punya makanan favoritnya masing-masing. Ketika merencanakan untuk membekali anak, Anda harus mempertimbangkan makanan yang menjadi kesukaannya.
"Beberapa anak sangat suka dengan sandwich atau nasi lengkap dengan lauk. Namun anak lain hanya suka dengan makanan ringan. Maka perhatikan jenis makanan yang disukainya agar mereka makan dengan senang," sarannya. Membawakan bekal untuk anak yang tak sesuai dengan makanan kesukaannya akan membuat kotak makannya masih tetap penuh saat pulang ke rumah.
Untuk menyiasatinya, siapkan makanan kesukaan mereka namun dalam versi yang lebih sehat. Jika mereka suka menyantap sandwich maka tambahkan sayuran segar seperti selada, tomat dan ketimun. Jika memungkinkan siapkan bekal ini dalam bentuk yang unik dan lucu lucu yang disukai anak, sebab hal ini bisa menambah selera makan mereka.
2. Piramida makanan
Saat mempersiapkan bekal, perhatikan juga kebutuhan nutrisi anak agar perkembangan mereka tak terganggu. Perencanaan asupan makanan sehari-hari ini bisa mengacu pada piramida makanan sehat. Kellie mengungkapkan makanan yang paling baik untuk nutrisi anak setiap harinya adalah roti gandum, gandum, sereal, sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan minum banyak air.
Misalnya mengombinasikan sandwich dengan potongan daging ayam tanpa kulit yang tinggi protein dan rendah lemak, nasi dengan irisan ayam panggang, sosis goreng, sayur tumis, dan lain-lainnya.

3. Makanan yang harus dihindari

Sekalipun terbilang sehat untuk anak, namun perhatikan beberapa kandungan makanan yang kemungkinan bisa menimbulkan reaksi alergi. Misalnya saja, selai kacang, udang, dan lain-lain. Selain itu, hindari juga membawakan anak berbagai bekal makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, seperti cake atau cokelat.
Sebagai penggantinya, berikan anak-anak camilan sehat seperti buah-buahan, yogurt rendah lemak, muffin homemade yang rendah gula, cheese stick dan lain-lain.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger