Makanan Yang Menaikkan Trombosit

Makanan Yang Menaikkan Trombosit. Gejala ketika seseorang dikatakan terjangkit penyakit demam berdarah adalah ketika trombositnya terlalu sedikit. Maka tidak heran, ketika penyakit demam berdarah sedang musim, akan banyak pula orang yang menjual jus jambu biji merah di pinggir-pinggir jalan. Murah, sekitar dua ribu lima ratus rupiah per botol ukuran 600 ml. Tentu kita tidak tahu benar campuran air dan jambu biji merah di dalamnya. Nah, pertanyaannya, apakah ada makanan atau minuman selain jus jambu biji merah yang bisa menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien demam berdarah?

Apa sih trombosit itu?

Trombosit adalah bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, bentuk trombosit tidak beraturan, tidak berinti sel, dan berukuran kecil. Garis tengahnya hanya sekitar 2-4 ┬Ám. Jumlah trombosit dalam 1 mm3 darah sehat kira-kira ada 250.000.trombosit

Terus, apa fungsi trombosit itu?

Seperti di atas, fungsi trombosit yang utama adalah membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan. Itu sebabnya, ketika demam berdarah sudah parah, darah bisa mengalir keluar melewati pori-pori kulit, karena trombositnya tidak cukup untuk membekukan darah.

Selain itu, sebuah penelitian di University of Munich, mengungkapkan bahwa trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kog bisa?

Jadi begini, pada saat terjadi luka, trombosit akan berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka tersebut bisa menutup. Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Selanjutnya, bakteri tersebut ‘dikepung’ oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai sel daya tahan tubuh. Nah, dengan begitu, bakteri bisa dibunuh.

Ok, sekarang kita kembali ke topik utama posting ini. Makanan yang bisa meningkatkan trombosit darah.

Untuk menaikkan trombosit darah, kita bisa meminum jus buah bit dan jus jambu biji merah 3-4 kali sehari, ditambah dengan makan nasi 3-4 kali sehari juga, serta perbanyak memakan buah-buahan.

Makanan untuk menaikkan trombosit:

Angkak
Jus Kurma
Jus jambu biji merah
Jus Kulit Manggis

Removit - Minuman serbuk dalam sachet yang merupakan gabungan dari minuman elektrolit, angkak dan jambu merah banyak tersedia di apotik

Buah bit

Cara mengolah buah bit sangat mudah sekali dan tanpa tambahan apa apa lagi, yaitu ambilah satu buah bit segar sebesar kepalan tangan untuk dibersihkan, kemudian dikupas lalu dipotong hingga menjadi beberapa bagian lalu di blender bersama dua gelas air putih.

Setelah di blender kemudian disaring dan siap untuk diminum sebanyak satu gelas sedang sisanya boleh disimpan di kulkas untuk diminum kemudian. Bagi mereka yang sulit untuk meminumnya karena buah bit ini memiliki aroma yang khas, maka bisa hanya dipotong menjadi beberapa bagian lalu dikukus dan dimakan seperti memakan ubi rebus, namun khasiat dan efeksitasnya lebih baik yang dibuat jus daripada yang dikukus.

Rata-rata makanan untuk menaikkan trombosit itu enak, kecuali buah bit, kalau tidak biasa akan terasa aneh. Tapi mengingat khasiatnya, ya di makan saja, hehe…. Semoga lekas sembuh.

7 comments:

  1. cara cepat menaikkan trombosit bisa dengan minum susu kolostrum Power Mix Sun Hope http://www.produksunhope.com/cara-menaikkan-trombosit/

    BalasHapus
  2. klo penderita trombosit juga menderita diabetes, gimnan??? apa yg recomended.. tenkyu???

    salam

    BalasHapus
  3. Halo Korep, walaupun dia diabetes tidak masalah, justru ini bisa sekalian menormalkan gula darah. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Gile yang atas susu apa oli mesin

    BalasHapus
  5. nambah lagi gan, untuk menaikkan kadar trombosit bisa juga dengan buah merah papua, sip tuh, makasih

    BalasHapus
  6. wah kalo buah merah papua di pulau jawa banyak gak ya ?

    BalasHapus
  7. Kalo ada yang memakan trombosit itu cara mebormalkan trombositnya bagaimana. thank you

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger