Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi

Cara agar terbiasa bangun pagi | Hmmm, sepertinya tips ini lebih untuk saya daripada untuk anda. Atau jangan-jangan anda juga termasuk orang yang kesulitan untuk bangun pagi? Phew! Sama dunk! Hehe…. Ok, kalau begitu mari kita baca tips cara agar bisa terbiasa bangun pagi yang saya ambil dari Kompas ini. Baca posting aslinya di sini.
Apakah anda punya kebiasaan untuk melek begadang sampai malam? Entah untuk mengerjakan sisa-sisa pekerjaan atau sekedar nonton tv? Atau anda punya kebiasaan tertentu yang membuat anda musti tetap melek meskipun sudah berbaring di tempat tidur? Barang apa yang terakhir anda pegang sebelum memejamkan mata? Apakah sering anda tidur sambil memegang handphone? Apakah anda merasa adalah wajib memutar musik untuk mengantar anda tidur? Jika kebanyakan jawaban anda adalah ya, maka anda punya kebiasaan yang mirip sekali dengan saya. Dan, itu semua membuat kita jadi lebih susah untuk tidur dan tentunya membuat lebih sulit lagi untuk bangun pagi. Paling tidak 15 sampai 30 menit setelah meletakkan kepala di bantal, baru bisa tidur.
matikan alarm
credit foto: http://us.123rf.com
Sebenarnya lebih efektif mana? Orang yang bekerja sampai larut malam (baca: pagi), atau orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih pagi? Kalau berdasarkan penelitian dan ‘akal sehat’, orang yang bangun lebih pagi cenderung bekerja lebih baik dari pada orang yang tidur sampai larut malam. Orang yang bangun pagi juga akan merasa lebih sehat dan bersemangat. Bagaimana, masih ingin merubah kebiasaan ‘mbangkong’ dan bangun lebih pagi supaya rejeki tidak dipatok ayam? Berikut adalah beberapa tips untuk bangun lebih pagi:

  1. Hentikan kebiasaan menekan tombol "snooze" pada alarm Anda dan menikmati beberapa menit tambahan untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, cobalah untuk segera bangkit dari tempat tidur dan berikan hadiah kecil pada diri Anda dengan secangkir kopi atau teh, atau dengan olahraga.
  2. Olahragalah sebelum sarapan karena kebiasaan ini dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan, serta menjaga kadar andrenalin tetap tinggi beberapa jam setelahnya (yang diartikan lebih waspada).
  3. Kemudian, nikmati sarapan dengan waktu yang lebih panjang, sehingga zat gizi yang Anda makan pun semakin lengkap. Pastikan dalam sarapan Anda mengandung protein, buah, sayur, dan karbohidrat. Makan dengan santai dan tidak terburu-buru juga bermanfaat untuk memastikan makanan terkunyah dengan baik, sehingga bisa lebih baik diserap. Juga baik untuk menjaga kelangsingan tubuh.
  4. Pastikan anda bisa terkena sinar matahari secepat mungkin, atau paling tidak bisa melihat sinar matahari begitu anda membuka mata. Caranya? Cobalah untuk memindahkan tempat tidur Anda lebih dekat dengan jendela yang mudah dimasuki sinar matahari. Sinar matahari akan membantu Anda untuk lebih cepat bangun karena otak Anda lebih sensitif terhadap cahaya.
  5. Selain itu penting bagi Anda untuk mengurangi aktivitas di malam hari. Cobalah untuk mengurangi sedikit demi sdikit waktu yang Anda gunakan dimalam hari untuk beraktivitas menjadi waktu untuk beristirahat. Dan minimalisasi gangguan bagi waktu istirahat Anda.
  6. Matikan alat elektronik satu atau dua jam sebelum Anda tidur untuk membentuk suasana yang nyaman untuk tidur. Hal ini juga akan membantu pikiran Anda untuk lebih tenang dan dapat siap untuk tidur.
  7. Cobalah pula untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan esok hari pada malam sebelum Anda akan tidur. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menghadapi hari esok dengan lebih bersemangat.
Bagaimana? Tips cara bangun pagi yang sederhana to? Tapi, sumpah! Tidak mudah dilakukan. Kembali ke niat. Cukup kuat atau tidak, menyerah pada hangatnya selimut atau hangatnya sinar mentari pagi. Hehe…. Kalau anda sama bermasalahnya dengan saya soal kesulitan bangun pagi ini, silahkan berikan komentar atau masukan di bawah sini ya….
Ayo bangun…!




1 comments:

  1. Siiip gan lihat disini jg peluang usaha bsa dari rumah saja www.klik1x.com/netcom
    www.pilihankeluarga.com

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright 2011-2013 Selalu Sehat is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger